Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taman Digital Senilai Rp 1 Miliar Akan Dibangun di Banyuwangi

Kompas.com - 31/07/2014, 09:11 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis


BANYUWANGI, KOMPAS.com
— PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk berencana membangun taman berbasis teknologi informasi di Pantai Boom Banyuwangi. Nantinya, taman yang dilengkapi amfiteater akan dinamai Taman Digital yang diarsiteki oleh arsitek Adi Purnomo.

"Akan ada panggung pertunjukan yang ber-wifi, tepatnya 10 titik wifi, arena permainan anak, jogging track, eco-park serta food court. Untuk pembangunan amfiteater akan didukung Pemkab Banyuwangi, sedang fasilitas lain oleh Pemkab Banyuwangi dan dukungan perusahaan lain," ungkap Dirut Telkom Arif Yahya.

Dia mengatakan, pembangunan amfiteater akan menggunakan dana dari program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dengan anggaran sekitar 1 miliar rupiah.

"Apalagi Banyuwangi telah menyabet Indonesia Digital Society Awards 2014 yang salah satu kriterianya adalah inisiatif daerah dalam mendorong rencana digitalisasi. Pembangunan akan dilakukan tahun ini. Nanti Agustus arsiteknya akan membahas detail bangunan bersama dengan pihak Telkom," ujar Arief.

Sementara itu, Pemkab Banyuwangi mengklaim, saat ini ada 1.300 titik wifi yang ada di ruang-ruang publik di wilayah Banyuwangi mulai dari taman, sekolah, puskesmas, sampai tempat ibadah. Titik wifi yang dibangun bersama Telkom tersebut mempunyai pengakses rata-rata 164.372 orang per bulan dengan peningkatan yang signifikan setiap bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com