Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rieke Bagi-bagi Kartu Sehat dan Pintar di Taman Bungkul

Kompas.com - 24/06/2014, 17:03 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Juru kampanye nasional Jokowi-JK, Rieke Diah Pitaloka, Selasa (24/6/2014) sore membagi-bagikan kartu Indonesia Sehat dan Pintar yang diprogramkan Jokowi-JK, di taman Bungkul, Surabaya.

Selain membagikan kartu, artis yang terkenal dengan nama "Oneng" itu juga mengingatkan warga agar tidak lupa mencoblos pasangan nomor 2 pada 9 Juli nanti.

Rieke ditemani sejumlah timnya berkeliling membagi-bagikan kartu ke pengunjung taman, pemilik warung dan PKL di taman Bungkul, serta kepada para pengamen yang menghibur pengunjung taman Bungkul.

Beberapa kali, anggota komisi IX DPR RI itu terlihat menjelaskan fungsi kartu tersebut. Beberapa pengunjung juga diberi kesempatan foto bersama dengan menunjukkan dua jari tanda nomor dua. Kata Rieke, kartu Indonesia Sehat dan Pintar bisa digunakan di mana pun dan banyak fungsinya.

"Kartu itu sudah mencakup jaminan pendidikan, kesehatan, dan pelatihan kerja di Balai Latihan Kerja," katanya.

Penerima kartu itu adalah warga miskin yang tergolong memiliki penghasilan di bawah UMK atau sama dengan UMK. Hal itu sesuai dengan Undang-undang Nomor 40 Tahun 2004 yang menyatakan setiap warga negara berhak mendapatkan kebutuhan hidup yang layak termasuk jaminan kesehatan.

Sebelum ke Surabaya, Rieke dan timnya pagi tadi juga membagi-bagikan kartu Indonesia Sehat dan Pintar di Desa Bandung, Kecamatan Gedek, Kabupaten Mojokerto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com