Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Jabar: 10 Tahun Lagi, Pangandaran Sejajar dengan Bali

Kompas.com - 03/12/2013, 22:40 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis


PANGANDARAN, KOMPAS.com
— Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan akan menyulap Kabupaten Pangandaran yang baru saja berdiri agar mengalahkan Kuta, Provinsi Bali, dalam bidang pariwisata.

Menurut Ahmad Heryawan, ambisi itu sangat mungkin karena Pangandaran memiliki potensi wisata yang sangat besar dibandingkan provinsi lain.

"Pangandaran akan menjadi kota wisata yang sangat indah. Pangandaran akan menjadi primadona pariwisata yang menyaingi Bali. Pangandaran akan menjadi Bali-nya Jawa Barat," ujar Heryawan saat menghadiri acara penggagasan kerja sama pembangunan Ciamis, Banjar, dan Pangandaran sekaligus Pelantikan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) perwakilan Ciamis, di aula Hotel Laut Biru, Desa Pananjung, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Selasa (3/12/2013) malam.

Agar rencana itu terealisasi, Heryawan akan mengajak pakar-pakar dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Parahyangan, dan universitas ternama lainnya untuk membuat konsep desain Pangandaran menjadi kota yang sangat cantik dan selalu mengundang banyak perhatian wisatawan.

"Saya ingin ITB, Unpad, Parahyangan, dan pakar-pakar lain untuk mendesain tata infrastruktur Pangandaran. Desain Pangandaran di masa mendatang harus dikuasai sejak sekarang. Silakan desain seperti bagaimana Pangandaran di masa mendatang," kata Heryawan kepada para pejabat Pemkab Ciamis, Banjar, dan Pangandaran.

Dia juga optimistis Pangandaran yang saat ini baru menjadi daerah otonom (pemekaran dari Kabupaten Ciamis) akan lebih baik dan lebih indah daripada sebelumnya. Bahkan, dia yakin wisata Pangandaran akan mengalahkan Bali, Lombok, dan lainnya.

"Ini (rencana) boleh dibantah, boleh tidak. Tetapi, saya meyakini ini adalah sebuah keniscayaan," tegas Heryawan memberikan semangat.

Tentunya, lanjut Gubernur, perwujudan cita-cita tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama. "Paling tidak 10 tahunlah untuk bersejajar dengan Bali," katanya.

Saat ini, sambungnya, pembangunan infrastruktur Pangandaran sudah mulai dibangun. Selain itu, Pemprov Jabar juga telah berkunjung ke Bali untuk membuat MoU antara Bali dan Jawa Barat di bidang pariwisata.

"Kita (saya dan Gubernur Bali) sudah meneken MoU kerja sama untuk meningkatkan pariwisata di Jabar. Kita akan bekerja sama, termasuk pembangunan Pangandaran ini," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com