Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kios Terbakar, Dagangan Hilang Dicuri

Kompas.com - 31/07/2013, 10:13 WIB
Kontributor Kendari, Kiki Andi Pati

Penulis


KENDARI, KOMPAS.com — Sudah jatuh tertimpa tangga pula. Pepatah lama itu dialami para pedagang di pasar sentral rombengan Kendari yang terbakar Rabu (31/7/2013) dini hari. Pasalnya, sejumlah barang dagangan yang sempat diselamatkan para pedagang dari amukan si jago merah, malah dicuri orang yang tidak bertanggung jawab.

Enil, salah seorang pedagang pakaian menuturkan, sebagian barang yang sempat diselamatkannya disimpan di atas trotoar depan lokasi pasar yang tidak terbakar. Namun, tak lama berselang barang dagangannya raib di tengah kerumunan warga yang melihat peristiwa kebakaran tersebut.

“Ada sebagian barangku sempat diselamatkan oleh orang yang tidak saya kenal, lalu saya simpan di pinggir jalan. Setelah itu saya pergi lagi selamatkan barangku yang lain, tetapi setelah saya kembali eh malah barangku sudah hilang mi kasian,” tutur Enil dengan raut sedih di lokasi kebakaran, Rabu (31/7/2013).

Ia pun hanya bisa pasrah atas musibah kebakaran di tempatnya berdagang. Sebab menurut Enil, masih banyak pedagang lain yang mengalami kerugian lebih besar akibat kebakaran di pasar rombengan itu.

“Sebenarnya kejadian ini sangat saya sesali, tapi kita mau apa kalau sudah terjadi. Karena banyak juga pedagang lain baru masukkan barang di kiosnya untuk dijual jelang Lebaran nanti,” ungkapnya.

Hal senada juga dikatakan Risma salah seorang pedagang tas. Ia mengaku sangat syok setelah melihat api meratakan kios tempatnya berjualan.

“Itu ji mata pencarianku, kasihan. Tidak ada barang yang bisa saya selamatkan. Baru di dalam kios ada dua ball yang belum saya buka, rencana hari Sabtu saya mau buka,” sesalnya.

Sementara itu, ratusan warga mendatangi lokasi pasar terbakar. Mereka bahkan terlihat memasuki puing-piung kios yang ludes terbakar dan mencoba mengais barang dagangan yang tidak sempat terbakar. Akibatnya jalur transportasi di jalan poros dalam kota Kendari macet oleh kerumunan warga yang penasaran ingin melihat langsung kebakaran pasar rombengan itu.

Sebelumnya diberitakan, ratusan kios di pasar rombengan Kendari ludes dilalap si jago merah Rabu (31/7/2013) pukul 01. 45 Wita. Hingga kini kepolisian belum bisa memastikan penyebab kebakaran tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com