Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengungsi Wai Ela Mulai Terserang Penyakit

Kompas.com - 28/07/2013, 18:57 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis


AMBON,KOMPAS.com - Para pengungsi jebolnya bendungan Wai Ela di sejumlah lokasi pengungsian di Desa Negeri Lima, Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah mulai terserang penyakit.

Penyakit yang diderita para pengungsi umumnya adalah penyakit diare, flu, gatal–gatal dan penyakit lainnya. Dari pantauan Kompas.com di Posko Kesehatan di lokasi pengungsian Dusun Latan, para pengungsi satu persatu mulai mendatangi posko tersebut untuk memeriksakan kesehatannya.

Kepala Puskesmas Hila yang bertugas di Posko tersebut, S Pattimura kepada wartawan Minggu siang mengatakan, sejak posko tersebut dibangun setiap harinya, sekitar 30 hingga 40 warga dating memeriksakan kesehatannya.

“Per hari sekitar 30 – 40 pengungsi yang memeriksakan kesehatannya di posko ini, mereka umumnya terserang diare, gatal-gatal dan flu,”kata Pattimura.

Dia menjelaskan, di Negeri Lima terdapat empat posko kesehatan yang tersedia untuk melayani para pengungsi. Dari empat posko tersebut, seluruhnya memiliki tenaga dokter dan juga perawat.

Menurutnya, warga yang mulai terserang penyakit ini lebih disebabkan oleh buruknya sanitasi dan banyak dari pengungsi yang masih stress dan trauma. "Sanitasi yang buruk menyebabkan banyak pengungsi yang tersererang penyakit, selain itu mereka juga banyak yang masih stres,”katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com