Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Bandung Diimbau Tidak Golput

Kompas.com - 23/06/2013, 11:30 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bandung Appipudin mengimbau kepada seluruh masyarakat Bandung agar jangan golput dalam pemilihan wali kota dan wakil wali kota Bandung periode 2013 - 2018 yang dilaksanakan hari ini, Minggu (23/6/2013).

"Kami mengimbau kepada masyarakat kota Bandung agar jangan golput. Anda diberi kepercayaan oleh negara, gunakan hak pilih sesuai dengan hati nurani masing-masing. Jangan sia-siakan hak pilih Anda karena ini menentukan nasib kota Bandung ke depan," imbau Apippudin saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Minggu (23/6/2013).

Apipudin menyebutkan ada 4.118 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di berbagai wilayah di Bandung. Jumlah TPS tersebut akan didatangi 1.658.808 warga Bandung yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT), terdiri atas 830.221 pria dan 828.587 perempuan.

"Sesuai dengan peraturan KPU, waktu pemilihan dilaksanakan pukul 07.00 sampai pukul 13.00 WIB," jelas Appipudin.

Dia mengklaim, sejauh ini pelaksanaan pemilihan berjalan baik dan lancar. "Semuanya baik, lancar, tidak ada hambatan," ucap Apip.

Pantauan Kompas.com di TPS 05 di Jalan Banceuy, Kelurahan Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Bandung, Minggu, pemilih sudah berdatangan untuk memberikan hak suaranya. Mereka dengan tertib memasuki bilik suara untuk memilih calon wali kota dan wakil wali kota pilihannya.

"Aman, lancar, tidak hambatan di TPS ini. Sampai sejauh ini yang datang baru 50 persen. 50 persen lagi belum. Bagi yang belum, kami memberikan kesempatan sampai pukul 1 siang," kata Ketua TPS 05 Nandang Suhendar saat ditemui, Minggu.

Seperti diketahui, ada delapan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Bandung periode 2013-2018. Empat di antaranya dari partai politik dan sisanya dari jalur independen.

Berikut kedelapan kandidat tersebut: 1. Edi Siswadi-Erwan Setiawan (parpol) 2. Wahyudin Karandinata-Toni Apriliani (independen) 3. Wawan Dewanta-Sayogo (independen) 4. Ridwan Kamil-Oded M Danial (parpol) 5. Ayi Vivananda-Nani Suryani (parpol) 6. MQ Iswara- Asep Dedi Ruyadi (parpol) 7. Budi Setiawan-Rizal Firdaus (independent) 8. Bambang Setiadi-Alex Tahsin Ibrahim (independen).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com