Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dana Pilwalkot Bandung 2013 Senilai Rp 56 Miliar

Kompas.com - 19/01/2013, 22:59 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Dana pemilihan walikota dan wakil walikota (Pilwalkot) Bandung 2013 menelan dana senilai Rp 56 miliar. Sebanyak Rp 39 miliar untuk putaran pertama dan Rp 17 miliar untuk putaran kedua.

Pernyataan itu disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung Apipudin saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Sabtu, (19/1/2013). "Dana utamanya Rp 39 miliar. Jika ada putaran kedua, Pemerintah Kota Bandung telah menyediakan cadangan dana senilai Rp 17 miliar," kata Apipudin, Sabtu, (19/1/2013).

Apipudin menjelaskan, dana sebesar itu akan dipergunakan untuk berjalannya pemilihan walikota dan wakil walikota Bandung 2013, mulai dari persiapan hingga pelantikan walikota dan wakil walikota Bandung.

"Misalnya, sepeti perlengkapan kebutuhan KPU, alat tulis, TPS, honoratorium, logistik, dan perlengkapan lainnya," kata Apipudin.

Saat ini, dana tersebut sudah siap pakai atas persetujuan Walikota Bandung dan Ketua DPRD Kota Bandung pada rapat paripurna di DPRD Kota Bandung pada tanggal 2 Januari 2013, lalu.

"Dananya sudah tersedia beberapa minggu yang lalu, sudah disetujui walikota dan Ketua DPRD," katanya.

Apipudin menegaskan, pihaknya akan menggunakan dana sehemat mungkin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com