Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4.025 Polisi Siap Amankan Pilwalkot Bandung

Kompas.com - 05/04/2013, 01:03 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Sebanyak 4.025 personel Polisi dari Polda Jawa Barat dan Polrestabes Bandung siap mengamankan jalannya Pilkada Wali Kota Bandung yang digelar pada Juni 2013 mendatang.

Kapolda Jabar Kapolda Jabar Irjen Pol Tubagus Anis Angkawijaya mengatakan, para personel polisi tersebut akan disebar ke setiap tempat pemungutan suara (TPS) dengan kuota satu orang personel akan menjaga satu TPS.

"Satu TPS akan ditempatkan satu orang petugas tidak perlu lagi banyak-banyak," kata Anis saat ditemui usai rakor pengamanan Pilwalkot Bandung di Mapolrestabes Bandung, Kamis (4/4/2013).

Anis mengatakan, pengamanan gabungan yang juga melibatkan unsur TNI tersebut, merupakan proses penyamaan persepsi rencana pengamanan untuk mengantisipasi adanya kecurangan-kecurangan dalam proses Pilkada.

"Polrestabes Bandung akan membuat rencana pengamanan risiko-risikonya seperti apa, nanti kita sama-sama tumpang tambal karena kita sama-sama berada di Kota Bandung. Mudah-mudahan bulan Juni lancar," ucapnya.

Selain pengamanan saat proses pemilihan, kepolisian juga mengantisipasi waktu kampanye yang dianggap rawan kekerasan dan juga praktek kampanye hitam dari masing-masing pendukung calon wali kota dan wakil wali kota.

"Kami juga waspadai tiap tahapan terutama yang punya titik-titik rawan seperti pada penetapan calon dan terutama saat pemungutan suara karena itulah titiknya," paparnya.

"Kemudian juga waktu abu-abu seperti jeda selesai penetapan calon nomor urut hingga waktu kampanye. Biasanya waktu tersebut digunakan untuk deklarasi dan sosialisai dan pasti ada black campaign. Kita sudah antisipasi semua sampai nanti paripurna KPU," tambah Anis. (K77-13)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com