Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wali Kota: Ada 3 Keuntungan jika Bergabung dengan Salatiga

Kompas.com - 29/10/2015, 21:04 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

SALATIGA, KOMPAS.com - Wali Kota Salatiga Yulianto mengungkapkan, ada tiga kemudahan yang bakal dinikmati masyarakat lima kecamatan di Kabupaten Semarang jika bergabung dengan Kota Salatiga.

Kelima kecamatan yang diincar Salatiga itu adalah Tuntang, Bringin, Pabelan, Tengaran, dan Getasan.

Tiga kemudahan itu, menurut Yulianto, sebenarnya sudah dinikmati warga di lima kecamatan tersebut.

"Pertama adalah aksebilitas pendidikan, aksebilitas kesehatan, dan ekonomi. Selama ini kami tidak pernah membeda-bedakan itu warga Salatiga atau warga Kabupaten Semarang," kata Yulianto, Kamis (29/10/2015).

Pembangunan kota Salatiga selama ini, lanjutnya, secara tidak langsung ikut pula menghitung beban pelayanan untuk warga perbatasan.

Salah satunya di bidang pendidikan, sekitar 10 persen diakses anak-anak di perbatasan kedua daerah itu.

Selain itu fasilitas RSUD Salatiga selama ini juga merawat pasien dari lima kecamatan tersebut.

"Kalau tidak mampu kita juga berikan beasiswa. Di bidang ekonomi, aktivitas jual beli di Salatiga, PKL, tukang parkir, tukang becak, bahkan lebih banyak warga perbatasan," dia menjelaskan.

Ihwal tawaran balik agar Salatiga saja yang bergabung ke Kabupaten Semarang, seperti yang disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Semarang Bambang Kusriyanto, Yulianto justru mengajak semua pihak untuk menilik sejarah kota Salatiga.

"Ya sah-sah saja mereka seperti itu. Tapi secara historis kita lebih dulu (dibanding Kabupaten Semarang). Orang-orang perbatasan itu kalau ditanya ya ngakunya orang Salatiga," ujar dia.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Kabupaten Semarang, Ngesti Nugraha yang juga warga Getasan mengatakan, wilayah Kabupaten Semarang yang terdiri dari 19 kecamatan adalah harga mati.

Ngesti meminta Pemkot Salatiga berkaca diri, sebab dengan posisi Salatiga berada di tengah-tengah wilayah Kabupaten Semarang, kota kecil ini diuntungkan sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat dari perdagangan serta jasa.

"Logikanya jangan dibalik. Justru masyarakat kita yang selama ini andil dalam pertumbuhan kota Salatiga. Pasar-pasar di Salatiga tanpa warga kami akan sepi," kata Nugraha, yang juga calon wakil Bupati Semarang pada Pilkada 2015 ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com