Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Debu Vulkanik, 38 Penerbangan di Semarang Dibatalkan

Kompas.com - 14/02/2014, 14:09 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Hujan Abu Gunung Kelud mulai merata di Kota Semarang. Untuk mengantisipasi hal itu, pengelola Bandara Ahmad Yani Semarang menutup penerbangan.

Berdasarkan catatan pengelola Angkasa Pura, ada 42 jadwal penerbangan di Bandara Ahmad Yani untuk Jumat (14/2/2014). Empat jadwal sudah diterbangkan, 38 penerbangan lainnya terpaksa dibatalkan.

Keputusan pembatalan diumumkan pihak pengelola bandara pada pukul 11.30WIB. Putusan melibatkan pihak maskapai penerbangan karena abu vulkanik bisa mempengaruhi mesin pesawat.

"Kami putuskan, dengan kondisi cuaca terkini akibat abu vulkanik Gunung Kelud, dikeluarkan notam closed, ditutup untuk penerbangan," ujar Priyo Jatmiko, Genderal Manager PT Angkasa Pura I selaku pengelola bandara Ahmad Yani.

Hujan abu di Kota Semarang memang tidak separah daerah lain. Hujan abu juga tak mempengaruhi jarak pandang penerbangan pesabat. Namun, ada kekhawatiran jika partikel abu bisa merusak mesin pesawat.

"Hal itu terkait berkaitan dengan abu vulkanik. Jika dipaksa penerbangannya, bepengaruh pada keselamatan penumpang jika merusak engine," timpal Priyo.

Pentupan penerbangan akan dilakukan hingga esok hari pada pukul 07.00. Setelah itu, akan dilihat cuaca yang ada di Kota Semarang.

Sementara, terkait tiket pesawat, pengelola telah berkoordinasi dengan maskapai penerbangan untuk menunda atau mengembalikan uang dari tiket yang telah diberi calon penumpang.

Berdasarkan perkiraan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Kelas I Semarang memprediksi Semarang hari ini akan diguyur hujan dengan insensitas ringan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com