Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Danramil Aradide Diduga Ditembak OPM Paniai yang Dipimpin Matias Gobay

Kompas.com - 12/04/2024, 16:56 WIB
Gloria Setyvani Putri

Editor

Sumber Antara

JAYAPURA, KOMPAS.com - Pelaku penembakan Danramil 1703 - 04 Aradide Letda Inf Oktovianus Sogalrey diduga kelompok OPM Paniai yang dipimpin Matias Gobay.

Kapendam XVII/ Cenderawasih Letkol Inf Chandra Kurniawan menyatakan, pihaknya menduga pelaku penyerangan dan penembakan hingga menyebabkan meninggalnya Danramil 1703 - 04 Aradide Letda Inf Oktovianus Sogalrey adalah OPM kelompok Paniai.

"Memang benar ada dugaan pelaku penembakan yang menyebabkan Danramil Aradide meninggal adalah OPM Kodap XIII yang dipimpin Matias Gobay," jelas Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Chandra Kurniawan kepada Antara, di Jayapura, Jumat.

Baca juga: TNI Ungkap Jenazah Danramil Aradide Dibawa ke Rumah Duka di Nabire

Chandra menjelaskan, dari laporan yang diterima, korban diserang dan ditembak oleh OPM kelompok Paniai, di daerah Pasir Putih, Distrik Aradide, Kabupaten Paniai, Papua Tengah, Kamis (11/4/2024) pagi.

Insiden itu berawal saat korban keluar dari Makoramil 1703-4/Aradide, Rabu (10/4/2024) sore. Hingga Kamis (11/4/2024) pagi, Oktovianus tidak kembali sehingga dilakukan pencarian.

Korban ditemukan meninggal akibat luka tembak yang dialaminya .

"Jenazah korban saat ini dalam perjalanan dari Enarotali menuju (rumah duka di) Nabire," jelas Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Chandra Kurniawan.

Ketika ditanya dari apakah saat keluar Koramil 1703-4/Aradide, korban membawa senjata api, Kapendam XVII/Cenderawasih mengatakan, Oktovianus tidak membawa senjata api.

"Sedangkan sepeda motor yang dibawa korban saat kejadian dan merupakan inventaris TNI-AD dinyatakan hilang, anggota masih melakukan pencarian," kata Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Chandra Kurniawan.

Baca juga: TNI-Polri Buru Anggota OPM Pembunuh Danramil Aradide

Jenazah Oktovianus dibawa ke Nabire menggunakan jalur darat.

Saat ini empat kota di Papua Tengah sudah dapat dijangkau dengan menggunakan jalan darat melintasi jalan Trans Papua ruas jalan Nabire-Enarotali.

Adapun kabupaten yang terhubung dengan jalan tersebut adalah Kabupaten Nabire, Dogiyai, Deiyai dan Kabupaten Paniai.

Sebelumnya, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Mabes TNI Mayjen Nugraha Gumilar menyebut bahwa situasi di Papua kondusif setelah peristiwa pembunuhan Danramil 1703-04/Aradide Letda Inf Oktovianus Sokolray.

Baca juga: Danramil Aradide Papua Ditembak OPM, TNI Sebut Situasi di Paniai Kondusif

"Situasi saat ini di wilayah Paniai dalam situasi kondusif," kata Nugraha kepada Kompas.com, Jumat (12/4/2024).

Namun, dia mengatakan, tindakan keji itu telah mencederai upaya untuk menciptakan perdamaian dan kedamaian serta percepatan pembangunan di Papua.

Nugraha juga mengungkapkan, evakuasi jenazah telah dilakukan. Pemulasaraan jenazah juga sudah dilakukan di RSUD Paniai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com