Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

GNPIP Diresmikan, Pemprov Riau Tanam Ribuan Cabai untuk Kendalikan Inflasi

Kompas.com - 26/09/2023, 18:40 WIB
F Azzahra,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Gubernur Riau Syamsuar bersama Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Riau Muhammad Nur meresmikan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) di Desa Pambang Baru, Bengkalis, Selasa (26/9/2023).

Sebelumnya, Syamsuar melakukan penanaman dan panen cabai rawit. Selain itu, operasi pasar murah juga digelar sebagai bagian dari GNPIP yang diharapkan dapat mengendalikan inflasi di Provinsi Riau.

Ketua Kelompok Tani Milenial Abdul Razak mengatakan, penanaman 50.000 pohon cabai merupakan dukungan dari program GNPIP.

"Kami harap kegiatan ini dapat mewujudkan lumbung pangan serta menyediakan lapangan pekerjaan bagi para petani di Riau," kata Abdul dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (26/9/2023).

Baca juga: Kepulauan Riau Dalam Konteks Tantangan Geopolitik Asia-Pasifik

Sementara itu, Nur menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan upaya untuk mengendalikan inflasi melalui kolaborasi antara pemerintah pusat, daerah, BI, dan sejumlah lembaga terkait lainnya.

"Kami sadar bahwa pengendalian inflasi adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan," tutur Nur.

Menurutnya, dampak inflasi sangat berpengaruh pada kesejahteraan masyarakat terutama masyarakat yang tidak memiliki penghasilan tetap.

"Riau tidak unggul pada sektor pangannya, sehingga dukungan dari daerah lain sangat dibutuhkan untuk meningkatkan sektor tersebut," jelasnya.

Gubernur Syamsuar berharap GNPIP dapat mengendalikan pangan dan meningkatkan produktivitas masyarakat di Riau.

Baca juga: Pemerintah Andalkan APBN untuk Jaga Inflasi dan Daya Beli Masyarakat

"Seluruh elemen masyarakat harus saling berkomitmen dan aktif berkontribusi dalam mengembangkan sektor pangan di Riau. Kami harap kegiatan ini dapat terus dikoordinasikan oleh lembaga daerah," tegas Syamsuar.

Oleh karena itu, Syamsuar mengimbau pemerintah daerah (pemda) setempat bergerak cepat dalam menuntaskan permasalahan pangan yang terjadi di wilayahnya masing-masing.

"Saya menekankan pemda harus bergerak untuk menyelesaikan kendala-kendala yang dialami oleh para petani. Saya harap kolaborasi ini dapat terus ditingkatkan dan menghasilkan manfaat bagi seluruh masyarakat Riau," tegasnya.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah pejabat provinsi dan kabupaten serta instansi terkait lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com