Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Gubernur Riau Syamsuar Raih Penghargaan dari Menpora

Kompas.com - 10/09/2023, 11:18 WIB
Aningtias Jatmika,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar dianugerahi penghargaan sebagai Pelaku Olahraga Berprestasi 2023 untuk kategori Pembina dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo pada malam puncak Hari Olahraga Nasional (Haornas) Ke-40, Sabtu (9/9/23).

Syamsuar mengatakan, apresiasi tersebut menjadi motivasi bagi pengembangan olahraga di Provinsi Riau.

"Kami menyampaikan terima kasih atas apresiasi dan penghargaan itu. Kepercayaan ini menjadi motivasi bagi pengembangan olahraga di Provinsi Riau," ujar Syamsuar dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (10/9/2023).

Untuk diketahui, penghargaan tersebut diberikan atas inisiasi Syamsuar dalam penggabungan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Olahraga dengan Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) menjadi Sekolah Khusus Olahraga (SKO).

Penggabungan itu diwujudkan melalui Peraturan Gubernur (Pergub) sesuai tindak lanjut Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Prestasi tersebut juga diberikan atas keberhasilan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dalam penyelenggaraan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Daerah (PPLPD) Sekolah Khusus Olahraga cabang olahraga dayung dan sepakbola.

Syamsuar juga dinilai mampu memberikan pembinaan atlet berprestasi melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan raihan prestasi atlet di multi dan single event, baik tingkat nasional maupun internasional.

Tak hanya itu, Syamsuar juga berhasil melakukan pembinaan atlet disabilitas melalui National Paralympic Committee (NPC) dan Special Olympics Indonesia (SOIna). Atlet-atlet tersebut juga meraih prestasi pada multievent di tingkat nasional dan internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com