Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Tingkatkan Kualitas SDM, Pemprov Riau Salurkan Beasiswa Puluhan Miliar untuk Perguruan Tinggi

Kompas.com - 08/09/2023, 19:57 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com -  Gubernur Riau Syamsuar menyerahkan bantuan beasiswa senilai puluhan miliar kepada sejumlah perguruan tinggi di Pekanbaru. 

Syamsuar mengatakan, bantuan itu bertujuan untuk melancarkan pendidikan mahasiswa S1, S2, dan S3 yang rutin diberikan setiap tahunnya oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. 

Dengan begitu, kata dia, beasiswa tersebut dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Bumi Lancang Kuning.

“Itu juga kami selalu monitor bantuannya supaya nanti yang dapat tepat sasaran. Jadi, artinya ini semua adalah dalam rangka meningkatkan kualitas SDM di Riau,” ungkapnya dalam acara penyerahan beasiswa di Gedung Pauh Janggi, Kota Pekanbaru, Jumat (8/9/2023).

Syamsuar berharap, penyerahan beasiswa tersebut dapat menjadi langkah kongkret untuk kemajuan pendidikan di Riau. 

Baca juga: Gubernur Syamsuar Minta Kabupaten dan Kota Resmikan Mal Pelayanan Publik pada 2024

Pemberian beasiswa itu juga sejalan dan bersinergi dengan langkah-langkah Pemprov Riau dalam rangka memajukan pendidikan, terutama meningkatkat bidang pendidikan.

“Pemprov RIau senantiasa mendukung dan berupaya bersinergi dengan berbagai perguruan tinggi dalam rangka meningkatkan peran dan kontribusi dalam pembangunan pendidikan di Provinsi Riau,” katanya dalam siaran pers. 

Syamsuar menyebutkan, berbagai tantangan dan persaingan ke depan membutuhkan generasi cerdas intelektual, emosional, dan spiritual. 

“Dengan begitu, pemberian (beasiswa) ini diharapkan mutu dan kualitas pendidikan perguruan tinggi di Provinsi Riau semakin meningkat,” harapnya.

Adapun perguruan tinggi yang mendapatkan bantuan beasiswa, yaitu Universitas Riau sebesar Rp 20.871.950.000, Universitas Lancang Kuning sebesar Rp 9.847.000.000, Universitas Muhammadiyah Riau sebesar Rp 8.761.000.000, dan Politeknik Center Riau sebesar Rp 5.128.000.000.

Baca juga: Siswa SMAN 8 Pekanbaru Raih Perak IOI di Hungaria, Syamsuar: Siswa Terbaik Kedua di Dunia

Syamsuar mengatakan, sebelumnya pihaknya juga menyerahkan bantuan beasiswa kepada Universitas Islam Riau (UIR) sebesar Rp 11.957.000.000 sehingga sekarang memberikan juga penyerahan lanjutan.

“Kemarin sudah kami serahkan untuk UIR. tentu nanti yang lain bertanya-tanya, makanya hari ini kami menyerahkan juga untuk perguruan tinggi di sini,” katanya. 

Dia menyebutkan, pihaknya sempat ingin memberikan bantuan dari kampus ke kampus.

“Namun, mungkin nanti ada berbagai agenda kerja yang saya bisa, para rektor tidak. Lebih baik kami serahkan saja hari ini,” ujarnya.

Syamsuar menegaskan, pemberian bantuan ini menunjukkan bahwa perhatian Pemprov Riau kepada mahasiswa sangatlah besar. 

“Tentunya ini merupakan suatu hal yang perlu nanti juga dimaklumi adik-adik mahasiswa bahwa bantuan kami untuk mahasiswa ini cukup besar,” ungkapnya.

Baca juga: Gubernur Syamsuar Salurkan Bansos Rp 1,7 M untuk 6 Panti Asuhan di Indragiri Hulu dan Hilir

Tidak hanya untuk S1, kata Syamsuar, Pemprov Riau pada masa kepemimpinannya juga menghadirkan bantuan beasiswa untuk pendidikan S2 dan S3.

“Kalau kami pertama kali jadi gubernur dulu, bantuan hanya untuk S1 saja. Sejak mulai kami memimpin, ini memang kami tambah bantuan untuk sampai S2 dan S3,” jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com