Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

500 Penari dan Makanan Lokal Disiapkan untuk Menyambut Delegasi KTT ASEAN di Labuan Bajo

Kompas.com - 05/04/2023, 16:07 WIB
Nansianus Taris,
Andi Hartik

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) menyiapkan tarian lokal untuk menyambut delegasi negara peserta KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Sejumlah tarian lokal juga akan dipersiapkan menyambut para delegasi yang diperkirakan mencapai 500 orang," kata Direktur Utama BPOLBF, Shana Fatina saat dihubungi Rabu (5/4/2023) siang.

Selain tarian, pihaknya juga akan menyuguhkan makanan lokal khas NTT, seperti kolo (nasi yang dimasak dalam batang bambu), rebok (makanan terbuat dari tepung jagung atau beras), songkol (sejenis makanan yang terbuat dari tepung singkong dan dimasak menggunakan batang bambu).

"Sudah kita diskusikan bersama Pemprov dan didorong menjadi highlight local content NTT," tuturnya.

Baca juga: 250 Mobil Listrik Siap Antar-jemput Delegasi KTT ASEAN di Labuan Bajo

Sebagai panitia lokal, BPOLBF juga mengusulkan produk khas NTT, seperti kopi, hasil olahan daun kelor, hasil tenun, agar dapat dipertunjukkan kepada para delegasi sebagai salah satu upaya mempromosikan produk UMKM lokal kepada dunia.

Dalam hal ini, BPOLBF bekerja sama dengan Pemprov NTT, Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat dan Dekranasda NTT.

"Kalau yang sudah kita serahkan (data) ke teman-teman Setneg dan Kemenlu itu ada 70-an UMKM. Kita sudah serahkan semua itu, terus kemudian mana yang dipilih itu tergantung dari teman-teman panitia. Dekranasda juga sudah menyiapkan hampers itu yang isinya adalah semua produk UMKM yang ada di Labuan Bajo," ujar Shana.

Baca juga: 3.000 Orang Diperkirakan Hadiri ASEAN Summit 2023 di Labuan Bajo, BPOLBF Targetkan Peredaran Uang Rp 5 Triliun

Seperti diketahui, Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, akan menjadi tuan rumah KTT ASEAN. Agenda internasional tersebut akan digelar pada 9-11 Mei 2023.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com