Salin Artikel

500 Penari dan Makanan Lokal Disiapkan untuk Menyambut Delegasi KTT ASEAN di Labuan Bajo

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) menyiapkan tarian lokal untuk menyambut delegasi negara peserta KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Sejumlah tarian lokal juga akan dipersiapkan menyambut para delegasi yang diperkirakan mencapai 500 orang," kata Direktur Utama BPOLBF, Shana Fatina saat dihubungi Rabu (5/4/2023) siang.

Selain tarian, pihaknya juga akan menyuguhkan makanan lokal khas NTT, seperti kolo (nasi yang dimasak dalam batang bambu), rebok (makanan terbuat dari tepung jagung atau beras), songkol (sejenis makanan yang terbuat dari tepung singkong dan dimasak menggunakan batang bambu).

"Sudah kita diskusikan bersama Pemprov dan didorong menjadi highlight local content NTT," tuturnya.

Sebagai panitia lokal, BPOLBF juga mengusulkan produk khas NTT, seperti kopi, hasil olahan daun kelor, hasil tenun, agar dapat dipertunjukkan kepada para delegasi sebagai salah satu upaya mempromosikan produk UMKM lokal kepada dunia.

Dalam hal ini, BPOLBF bekerja sama dengan Pemprov NTT, Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat dan Dekranasda NTT.

"Kalau yang sudah kita serahkan (data) ke teman-teman Setneg dan Kemenlu itu ada 70-an UMKM. Kita sudah serahkan semua itu, terus kemudian mana yang dipilih itu tergantung dari teman-teman panitia. Dekranasda juga sudah menyiapkan hampers itu yang isinya adalah semua produk UMKM yang ada di Labuan Bajo," ujar Shana.

Seperti diketahui, Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, akan menjadi tuan rumah KTT ASEAN. Agenda internasional tersebut akan digelar pada 9-11 Mei 2023.

https://regional.kompas.com/read/2023/04/05/160741378/500-penari-dan-makanan-lokal-disiapkan-untuk-menyambut-delegasi-ktt-asean

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke