Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Bubos 2022 Digelar, 3 Daerah di Jabar Ini Terpilih Jadi Tuan Rumah

Kompas.com - 11/04/2022, 18:34 WIB
Fransisca Andeska Gladiaventa,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) kembali menggelar kegiatan Bulan Suci Berbagi On The Street (Bubos) 2022.

Bubos 2022 yang mengusung tema “Bergaya: Berbagi dalam Keragaman Budaya” ini akan diselenggarakan secara hybrid di tiga daerah, yakni Kabupaten Pangandaran pada 11 April 2022, Kabupaten Karawang pada 13 April 2022, dan Kota Bandung pada 14 April 2022.

Adapun rangakaian acara yang akan diselenggarakan di tiga daerah tersebut, yaitu kegiatan Kontes Juara Anak Soleh (Koas) dan Buka Berkah (Kabah).

Pada kegiatan Koas, akan digelar tiga lomba, yakni lomba azan, dai cilik, dan tahfizh juz 30 untuk anak-anak di tiga daerah tersebut yang terdiri dari sembilan kota dan kabupaten.

Baca juga: Aplikasi Disentra Dukung Pemprov Jabar Cetak Wirausaha Guru dan Siswa SMK

Contohnya Kabupaten Pangandaran yang akan menjadi tuan rumah bagi Kota Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan, Kota Banjar, Kabupaten Ciamis, dan Kota Tasikmalaya.

Sementara itu untuk kegiatan Kabah dilaksanakan dengan mengunjungi keluarga prasejahtera sekitar Masjid Agung kota atau kabupaten setempat.

Kegiatan Kabah sendiri dilakukan dengan membawa rantang cinta berisi makanan untuk berbuka, sembako, dan bingkisan lain, serta kegiatan pemeriksaan kesehatan oleh dokter.

Tak hanya itu saja, rangkaian Bubos 2022 tersebut turut menggelar agenda bersih-bersih Masjid Agung di tiga tempat tersebut.

Baca juga: Pemkot Depok Bakal Tagih Pemprov Jabar Soal Pembuangan Sampah ke TPPAS Lulut-Nambo

Ketua Pelaksana Bubos 2022 Siska Gerfianti mengatakan, pihaknya akan melaksanakan rangkaian pertama di Kabupaten Pangandaran dengan menggelar Koas dan Kabah, serta bersih-bersih Masjid Al-Istiqomah yang dibantu oleh Jabar Bergerak, Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), dan dari sponsor.

“Dalam kegiatan akan hadir Ketua Umum Bubos 2022 Ibu Atalia Praratya dan Bupati Pangandaran,” ungkap Siska dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Senin (11/4/2022).

Siska mengatakan, setelah kegiatan digelar di Kabupaten Pangandaran, kegiatan akan lanjut digelar di Karawang, Kota Bandung, dan acara puncak akan digelar di Kuningan.

Baca juga: DPRD Bandung Desak Pemprov Jabar Selesaikan Masalah Galian C di Nagreg

“Nanti juara Koas dari tiga daerah tersebut akan diumumkan pada acara puncak yang digelar di Masjid Agung Alun-alun Kuningan,” katanya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, acara puncak akan diisi dengan beberapa kegiatan, salah satunya Rantang Cinta.

“Acara puncak nanti ada rangkaian kegiatan Rantang Cinta dengan target satu juta Rantang Cinta yang akan dibagikan kepada kaum duafa maupun tetangga terdekat yang berasal dari aparatur sipil negara (ASN), pramuka, guru, siswa didik di Jabar, serta beberapa komunitas,” terangnya.

Sebagai informasi, kegiatan Bubos 2022 merupakan gelaran tahunan yang telah dilaksanakan sebanyak enam kali hingga saat ini.

Baca juga: Tekan Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak, Pemprov Jawa Barat Kampanyekan Jabar Cekas

Dikarenakan masih di tengah situasi pandemi Covid-19, Bubos yang biasanya diadakan dengan buka bersama di jalan, kini disesuaikan dengan berbagi makanan pada sesama dan yang membutuhkan.

Acara puncak Bubos 2022 yang akan berlangsung di Kuningan ini turut dihadiri oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Selain itu, pemilihan lokasi acara puncak di Kuningan dimanfaatkan untuk menunjukkan hasil pembangunan di daerah dan juga promosi daerah setempat.

Sebab, pada acara puncak Bubos tahun-tahun sebelumnya digelar di halaman Gedung Sate, Kota Bandung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com