Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cabuli Siswinya yang Masih SD, Guru Honorer di Tegal Diringkus Polisi

Kompas.com - 23/02/2022, 08:02 WIB
Tresno Setiadi,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

SLAWI, KOMPAS.com - Guru honorer di sebuah Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Tegal berinisial TH (43), diduga telah tega mencabuli muridnya yang masih di bawah umur.

Parahnya, perbuatan itu diduga dilakukan sampai berulang. Salah satunya di bawah jalan tol Pejagan-Pemalang, tepatnya di Desa Penarukan, Kecamatan Adiwerna.

Baca juga: Cabuli Muridnya, Guru Agama di Tegal Ditangkap

Wakapolres Tegal, Kompol Didi Dewantara mengatakan, peristiwa itu pertama kali terjadi sekitar 2019. Saat itu korban masih duduk di bangku kelas 4 SD dan pelaku merupakan gurunya.

"Kasus terungkap saat ibunya mendengar kalau korban tiba-tiba menangis di sekolah," kata Didi, saat konferensi pers di Mapolres, Selasa (22/2/2022).

Setelah sampai di rumah, ibu korban kemudian menanyakannya. Saat itulah korban menceritakan peristiwa yang pernah dialaminya beberapa waktu silam. "Kepada ibunya, korban bercerita kalau dirinya pernah dicabuli pelaku," kata Didi.

Dari pengakuan korban, perbuatan cabul pelaku dilakukan di ruang kelas saat kondisi sepi. Saat itu, pelaku meraba dada korban. "Selain itu, korban juga mengaku pernah dijadikan pelampiasan nafsu pelaku di bawah jalan tol," terang Didi.

Ibu korban kemudian melaporkan kejadian itu ke polisi yang kemudian melakukan penyelidikan. Hingga akhirnya pelaku berhasil diamankan.

Pelaku dijerat dpasal 76E, pasal 81 ayat 1 dan 2 Undang-undang No. 17 tahun 2016 dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara. Serta tambahan 1/3 dari masa tahanan sesuai pasal 81 ayat (2).

Baca juga: Seorang Pria di Pontianak Ditangkap karena Cabuli 2 Sepupu di Bawah Umur

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com