Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Belajar dari Pemkot Medan, Wali Kota Pariaman Akan Aplikasikan Strategi Pengelolaan Wisata Sejarah

Kompas.com - 18/06/2021, 14:34 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Wali Kota Pariaman Genius Umar mengatakan, pihaknya akan mengaplikasikan strategi cerdas Pemerintah Kota (Pemkot) Medan dalam menata bangunan-bangunan tua bersejarah menjadi tujuan wisata heritage atau sejarah.

"Sebab, konsep penawaran wisata sejarah terbukti menarik banyak minat wisatawan. Kami juga akan menjadikan bangunan dan benda bersejarah di Kota Pariaman sebagai wisata sejarah dan budaya," ujarnya, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (18/6/2021).

Selain membahas wisata heritage, orang nomor satu se-Pariaman ini juga berdiskusi mengenai strategi penanganan Pemkot Pariaman dalam mengatur sampah, cara mengemas manajemen pasar secara modern, dan berbasis teknologi.

“Semoga, usaha kami dalam mempelajari kinerja Pemkot Medan dapat membawa dampak positif untuk perkembangan Kota Pariaman ke depan,” imbuh Genius, saat kunjungan kerja (kunker) ke Kota Medan bersama antara jajarannya, Kamis (17/6/2021).

Baca juga: Tolak SKB 3 Menteri Soal Seragam Sekolah, Wali Kota Pariaman: Saya Siap Diskusi dengan Para Menteri

Adapun jajaran yang dimaksud, di antaranya Kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Pariaman, Asisten Pemerintahan, Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman Marhen, Kadis Kominfo, Kadis Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP).

Sebelum masuk ruang pertemuan, Genius disambut secara khusus oleh rekan satu almamater di Institut Pertanian Bogor (IPB) Bogor, yakni Wali Kota Bobby Nasution dengan memasangkan pakaian kebesaran adat melayu di halaman kantornya, Kamis.

Dalam rangkaian kegiatan itu, ia juga mempromosikan produk UMKM Kota Pariaman dan program kegiatan yang tengah dijalankan.

Adapun program tersebut, yakni menjadikan Kota Pariaman sebagai Water Front City, serta beberapa aspek kesuksesan pembangunan kota melalui campur tangan pemerintah pusat.

Baca juga: Ratakan Pembangunan Kota Madiun, Walkot Maidi Sediakan Lapak UMKM di Setiap Kelurahan

Diakhir kunjungan, kedua kepala daerah ini saling bertukar cendera mata. Tak lupa, Genius mengajak Wali Kota Medan Bobby Nasution untuk meluangkan waktunya berkunjung ke Kota Pariaman.

Apresiasi dari Bobby Nasution

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Medan Bobby Nasution memberikan apresiasi untuk perkembangan wisata Kota Pariaman.

Terlebih Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman Marhen berani mengadopsi dan adaptasi program unggulan Banyuwangi ke Pariaman.

“Bahkan, kami dengar ada Pariaman Festival, Pariaman Culture Everyweek dan lain-lain,” ujar Wali Kota termuda di Sumatera Utara (Sumut) itu.

Baca juga: Melihat Festival Susur Sungai di Banyuwangi untuk Jaga Ekosistem

Untuk diketahui Banyuwangi terkenal dengan event wisata mengandung vitamin 3C, yaitu creative, commercial value dan communication value.

“Kami juga mengikuti pesatnya geliat pariwisata Pariaman. Menurut saya, Pak Wali Kota sangat luar biasa karena punya kreatifitas serta inovasi demi memajukan kota dan menghidupkan geliat ekonomi masyarakat, ” ujar Bobby.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com