Pecatan Polisi Ditangkap, Tipu Korbannya Jutaan Rupiah untuk Cabut Berkas

Kompas.com - 03/03/2021, 16:51 WIB
Polres Jembrana menangkap polisi gadungan berinisial IPA yang menipu seorang warga bernama Moch Arifin sebesar Rp 5,5 juta, Sabtu (27/2/2021). Dok. Polres JembranaPolres Jembrana menangkap polisi gadungan berinisial IPA yang menipu seorang warga bernama Moch Arifin sebesar Rp 5,5 juta, Sabtu (27/2/2021).

JEMBRANA, KOMPAS.com - Polres Jembrana menangkap pria berinisial IPA yang menipu seorang warga bernama Moch Arifin sebesar Rp 5,5 juta.

Kasat Reskrim Polres Jembrana AKP Yogie Pramagita mengatakan, tersangka merupakan pecatan polisi dan terlibat berbagai kasus penipuan serta penebangan kayu ilegal.

Ia mengatakan, dalam aksinya IPA mengaku sebagai polisi aktif dan meminta uang kepada korban untuk mencabut berkas perkara.

"Tersangka mengaku sebagai anggota Polri dan meminta uang pencabutan berkas perkara kepada korban," kata Yogie dalam keterangan tertulis, Rabu (3/3/2021).

Baca juga: Densus 88 Tangkap 20 Terduga Teroris di Jawa Timur dalam Sepekan

Yogie menjelaskan, kasus ini bermula saat tersangka diminta menagih utang oleh warga berinisial HT kepada korban yang tinggal di Banyuwangi, Jawa Timur pada 17 Februari 2021.

Namun tanpa sepengetahuan HT, tersangka mengatakan kepada korban bahwa utang piutang itu sudah dilaporkan ke Polres Jembrana.

Baca juga: Pelajar 16 Tahun Dicekoki Narkoba lalu Disetubuhi, Polisi Tangkap Teman Korban dan Karyawan Hotel

Korban diminta membayar Rp 10 juta untuk biaya pencabutan berkas perkara.

Korban percaya karena tersangka mengaku polisi dan tidak ingin diproses hukum.

Maka korban membayar pencabutan berkas perkara dengan cara mencicil. Total korban sudah membayar sekitar Rp 5,5 juta.

Setelah membayar, korban melakukan konfirmasi ke Satuan Reskrim Polres Jembrana. Hal itu untuk mengecek apakah benar ada anggota Polri yang berinisial IPA.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X