ASN Ketahuan Merokok di Kawasan Tanpa Rokok Kulon Progo, KTP Disita, lalu Disidang

Kompas.com - 02/03/2021, 15:53 WIB
Beberapa ASN mengikuti sidang penegakan Perda KTR di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Satgas Penegakan Perda KTR Kulon Progo menangkap basah delapan ASN yang merokok di sembarang tempat, menyita KTP-nya, menyita 35 asbak dari berbagai ruang kerja dan 17 pedagang pasar tidak menaati protokol kesehatan Covid-19 pada 24-25 Februari 2021 lalu. Mereka yang tertangkap basah itu mengikuti sidang sebelum Satgas mengembalikan KTP, Selasa (2/3/2021) ini. KOMPAS.COM/DANI JULIUSBeberapa ASN mengikuti sidang penegakan Perda KTR di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Satgas Penegakan Perda KTR Kulon Progo menangkap basah delapan ASN yang merokok di sembarang tempat, menyita KTP-nya, menyita 35 asbak dari berbagai ruang kerja dan 17 pedagang pasar tidak menaati protokol kesehatan Covid-19 pada 24-25 Februari 2021 lalu. Mereka yang tertangkap basah itu mengikuti sidang sebelum Satgas mengembalikan KTP, Selasa (2/3/2021) ini.

KULON PROGO, KOMPAS.com – Beberapa pegawai pemerintah menjalani sidang karena merokok pada sembarangan tempat dalam lingkungan kerja kantor pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bukan denda ataupun hukuman badan yang diterima, melainkan teguran lisan maupun tertulis dari PPNS Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kulon Progo.

Sidang Penegakan Peraturan Daerah Kawasan Tanpa Rokok (Perda KTR) ini berlangsung di halaman depan kantor Satpol PP Kulon Progo.

“Kami memanggil mereka yang sudah melanggar Perda KTR ini, kami mengambil keterangan dari bersangkutan, beri pengarahan untuk patuh peraturan,” kata Kepala Satpol PP Kulon Progo, Sumiran, Selasa (2/3/2021).

Baca juga: Terapkan Perda Kawasan Tanpa Rokok, Puluhan Asbak di Ruang Kerja ASN Kulonprogo Disita

Satuan Tugas Penegakan Perda KTR Kulon Progo menyita KTP dari delapan pegawai pemerintah yang tertangkap basah merokok di sembarang tempat dalam lingkungan kerja kantor.

Penyitaan bagian dari razia Satgas dalam dua hari lalu, 24-25 Februari 2021. Satgas berisikan Satpol PP, Dinas Kesehatan dan sejumlah relawan, seperti terdapat dalam Perda Nomor 5 Tahun 2014 tentang KTR. Pelaksanaan Perda diatur lewat Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 3 Tahun 2015.

Satgas KTR menyisir semua kantor pemerintahan yang ada di Kulon Progo saat razia. Satgas mendapati area tersembunyi merokok, area penuh puntung rokok hingga ruang kerja yang menyediakan asbak rokok.

Ada pula yang tertangkap tangan merokok di lokasi yang bukan untuk merokok. Satgas lantas menyita KTP orang itu dan berlanjut ke sidang hari ini.

“Kami BAP dulu, lalu ada pengarahan sebelum KTP dikembalikan,” katanya.

Di lokasi sidang, beberapa pegawai mengaku bahwa penerapan Perda KTR terasa ketat. Salah satunya Anton, salah seorang yang ikut sidang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X