Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah Tatap Muka di Riau pada Januari 2021 Masih Butuh Penyempurnaan

Kompas.com - 17/12/2020, 10:35 WIB
Citra Indriani,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Zul Ikram mengatakan, persiapan untuk kegiatan sekolah tatap muka pada Januari 2021, masih perlu penyempurnaan.

"Beberapa sudah berjalan baik dan sebagian masih perlu dilakukan penyempurnaan," kata Zul dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (17/12/2020).

Dinas Pendidikan Provinsi Riau bertanggung jawab terhadap pendidikan SMA/SMK sederajat. 

Baca juga: Update Covid-19 di Aceh, Sumut, Sumbar, Riau, Kepri, Jambi, dan Bengkulu 16 Desember 2020

Menurut Zul, secara umum pendidikan pada tingkat SMA/SMK sederajat di Riau sudah memungkinkan untuk dilaksanakan proses belajar mengajar secara tatap muka pada Januari 2021.

Pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga sudah memberikan keleluasaan kepada daerah untuk melakukan sekolah tatap muka.

Namun, daerah dan pihak sekolah diminta tetap menaati ketentuan yang berlaku di tengah pandemi.

Terutama memastikan bahwa kegiatan belajar mengajar tatap muka di kelas dilaksanakan sesuai standar protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

"Secara umum sekolah siap menjalankan belajar tatap muka, dengan mengacu sesuai dengan arahan pusat dan kebijakan kepala daerah," ujar Zul.

Baca juga: 7 Tahanan Polresta Pekanbaru Kabur, Polisi: Satu Menyerahkan Diri

Sejauh ini, Pemprov Riau telah menyiapkan beberapa langkah tentang rencana pelaksanaan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka, dengan mengacu pada Surat Keputusan Bersama (SKB) empat kementerian. 

"Tapi, nanti akan tetap diseminasi dengan Satgas Covid-19, konsep mana yang dipakai. Termasuk dengan Kementerian Agama Riau, Dewan Pendidikan Riau dan unsur stakeholder terkait juga akan disesuaikan," sebut Zul.

Dia memastikan bahwa pihak sekolah sudah mengetahui rencana ini.

Hanya saja, pihak sekolah menunggu mekanisme dan waktu penerapannya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com