Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Terkonfirmasi Positif Covid-19, Cawabup Kotim Sempat Konferensi Pers Bersama Gubernur Kalteng

Kompas.com - 15/12/2020, 15:23 WIB
Kontributor Pangkalan Bun, Dewantara,
Khairina

Tim Redaksi

PANGKALAN BUN, KOMPAS.com - Beberapa hari sebelum dinyatakan positif Covid-19, calon wakil bupati nomor urut 01 di Pilkada Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Irawati, sempat ikut dan berbicara dalam konferensi pers bersama Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran.

Konferensi pers yang digelar di Palangkaraya pada Jumat (11/12/2020) itu disiarkan secara langsung melalui akun media sosial.

Hadir di acara tersebut Ketua DPD PDIP Kalimantan Tengah Arton S Dohong, Ketua Tim Kampanye Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran-Edy Pratowo, Sigit Wido Sawong, serta anggota DPR RI dapil Kalimantan Tengah, Agustiar Sabran.

Baca juga: Calon Wakil Bupati Nomor Urut 01 di Pilkada Kotawaringin Timur Positif Covid-19

Irawati mendapat giliran berbicara setelah Sugianto Sabran menggunakan mikrofon yang sama.

Terlihat Sugianto menyemprotkan cairan hand sanitizer ke mikrofon tersebut sebelum menyerahkannya ke Irawati.

"Sudah disemprotkan lagi (mikrofonnya). Itu saya saking sayangnya," seloroh Sugianto seraya menyerahkan mirofon kepada Irawati.

Saat berbicara, Irawati tampak membuka masker dan sempat menyentuh lengan Arton yang duduk di sebelah kirinya. Irawati berbicara selama kurang lebih enam menit.

Irawati mengumumkan kondisinya melalui sebuah rekaman video berdurasi 49 detik yang beredar di kalangan awak media, sejak Senin (14/12/2020).

Baca juga: Video Viral Curhat Perempuan pada Ganjar, Bapaknya Meninggal karena Asma Dimakamkan Protokol Covid-19

Dalam video tersebut, Irawati yang duduk di sofa berwarna cokelat bersama putranya menyebut dirinya dan keluarga berada di sebuah rumah sakit dan tengah menjalani isolasi karena terpapar Covid-19.

"Hasil swab PCR kami dinyatakan positif Covid-19. Kami mohon kepada masyarakat Kotawaringin Timur khususnya, mohon doakan keluarga kami agar cepat sembuh, cepat pulih, diangkat semua penyakitnya. Dan saya mendoakan masyarakat Kotim agar semuanya sehat," ujar Irawati.

Politikus PDI-P ini juga berpesan agar masyarakat Kotawaringin Timur tidak menyepelekan Covid-19 dengan selalu memperhatikan dan menjalankan protokol kesehatan.

"Tetap jaga kesehatan, pakai masker, cuci tangan dan hindari kerumunan karena Covid itu ada," lanjut dia.

Punya riwayat Covid-19

Sebelumnya, Sugianto yang juga calon gubernur nomor urut 02 di Pilkada Kalimantan Tengah memiliki riwayat terpapar Covid-19 dan mengumumkan dirinya terkonfirmasi positif pada Kamis (19/11/2020) dinihari lalu.

Sempat tidak mengikuti dua kali debat publik, yakni pada 19 November dan 2 Desember 2020, Sugianto tampak hadir di Kelurahan Pahandut, Kota Palangkaraya pada hari terakhir kampanye, 5 Desember 2020.

Pada 7 Desember 2020, Sugianto kembali membuat video saat mengumumkan dirinya telah mulai bekerja sebagai gubernur Kalimantan Tengah seusai mengambil cuti selama tiga bulan.

"Kondisi kami sehat walafiat, alhamdulillah. Biarpun ada yang menyatakan kami dibawa ke rumah sakit, kami sudah bekerja seperti biasa," kata Sugianto.

Di hari pemilihan, 9 Desember 2020, Sugianto yang merupakan petahana dan masih aktif menjabat hingga Mei 2021 ini menyalurkan hak pilihnya di TPS 02 Kelurahan Pahandut, Kecamatan Pahandut, Kota Palangkaraya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com