SAR Bandung: Kasus Orang Tenggelam di Cianjur Tertinggi Se-Jabar

Kompas.com - 16/09/2020, 12:07 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi

CIANJUR, KOMPAS.com – Tingginya kasus orang tenggelam di wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mendorong kantor SAR Bandung menggelar latihan pencarian dan pertolongan korban.

Giat dilaksanakan di perairan Waduk Cirata, Desa Cikidangbayabang, Kecamatan Mande, Cianjur, Selasa (15/9/2020).

Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansah mengatakan, medio Januari hingga September 2020, kasus orang tenggelam di Cianjur mencapai 17 penanganan dengan lokasi kejadian di perairan Waduk Cirata, pantai selatan, dan di sejumlah daerah aliran sungai.

“Kalau untuk skala Jawa Barat, jumlah kasus tenggelam sepanjang tahun ini hingga September mencapai 80 kejadian. Di Cianjur salahsatu yang paling tinggi,” kata Deden kepada Kompas.com usai membuka Latsarda di Cianjur, Selasa (15/9/2020).

Baca juga: Kasus Penusukan Syekh Ali Jaber Bergulir dari Penyidikan ke Kejaksaan

Oleh karena ini, menurut Deden, para pihak yang selama ini terlibat dalam operasi SAR perlu dibekali pemahaman mengenai cara pencarian, pertolongan dan evakuasi korban yang prosedural.

"Seperti ini lho mekanismenya, di poskonya harus seperti apa, kemudian pola pencariannya,  perhitungan search areanya seperti apa. Hal-hal ini yang kita sharing-kan kepada peserta agar nanti paham saat terjun ke lapangan, saat melakukan operasi SAR," terang dia.

Disebutkan, sejauh ini sudah beberapa kota/kabupaten yang melaksanakan latihan SAR, yakni Kota/Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Sumedang, Tasik, Garut, Cirebon, Cianjur, dan Kota Cimahi.

"Untuk giat kali ini di Cianjur diikuti 25 orang yang berasal dari berbagai unsur, termasuk dari TNI/Polri. Giat ini merupakan rangkaian penutup dari kegiatan sebelumnya," ujar Deden.

Baca juga: Mantan Bupati Indramayu di Lapas Sukamiskin Positif Covid-19

Lebih lanjut dikatakan, peran SAR dalam penanganan bencana sangat penting, sehingga peningkatan kompetensi sumber daya manusia di bidang SAR menjadi hal yang mutlak harus dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan.

"Karenanya, latihan SAR seperti ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam pelayanan SAR secara komprehensif,” ucapnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X