Tak Ada Lagi Toleransi, Warga Banjarmasin yang Tak Kenakan Masker Langsung Didenda Rp 100.000

Kompas.com - 14/08/2020, 09:47 WIB
Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina memperlihatkan bukti hasil swab negatif Covid-19, Selasa (4/8/2020) setelah sebelumnya sempat kontak dengan Wali Kota Banjarbaru, Nadjmi Adhani. IstimewaWali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina memperlihatkan bukti hasil swab negatif Covid-19, Selasa (4/8/2020) setelah sebelumnya sempat kontak dengan Wali Kota Banjarbaru, Nadjmi Adhani.

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Wali Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel) Ibnu Sina menegaskan, tidak ada toleransi lagi bagi warganya yang melanggar protokol kesehatan.

JIka warga kedapatan petugas tidak mengenakan masker, maka langsung diberi sanksi denda uang sebesar Rp 100.000.

Hal itu dikatakan Ibnu Sina dalam acara pelepasan petugas pengawal Perwali Nomor 60 Tahun 2020 tentang penegakan protokol kesehatan di depan Kantor Wali Kota Banjarmasin, Jalan RE Martadinata, Jumat (14/8/2020).

"Sudah tidak ada toleransi lagi kepada warga yang melanggar protokol kesehatan, terutama tidak menggunakan masker khususnya, maka akan dikenakan sanksi sebagaimana yang diatur dalam Perwali," tegas Ibnu Sina.

Baca juga: Tak Pakai Masker di Banjarmasin Siap-siap Didenda Rp 100.000

Sebelum sanksi denda itu dilakukan, Ibnu mengatakan akan ada sosialisasi terlebih dahulu selama tujuh hari.

"Sanksi denda ini akan efektif berlaku pada tanggal 21 Agustus mendatang," ujarnya.

Untuk mempertegas sanksi tersebut, penegakan Perwali akan dikawal oleh petugas dari TNI, Polri, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP) Banjarmasin.

Para petugas nantinya akan rutin melakukan patroli untuk menertibkan warga yang masih enggan menerapkan protokol kesehatan, terutama yang tidak mengenakan masker.

"Hari ini kita akan turun ke lapangan langsung, tolong berikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya Covid-19 bisa mengancam siapa saja. Selamat bertugas," jelasnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X