Mendagri Tito: Petahana yang Tak Serius Tangani Covid-19 Tidak Usah Dipilih

Kompas.com - 08/08/2020, 06:40 WIB
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian saat menyampaikan sambutan dalan peluncuran Gerakan 26 Juta Masker di Pendopo Kabupaten Malang, Jumat (7/8/2020). KOMPAS.COM/ANDI HARTIKMenteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian saat menyampaikan sambutan dalan peluncuran Gerakan 26 Juta Masker di Pendopo Kabupaten Malang, Jumat (7/8/2020).

MALANG, KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta masyarakat tak memilih calon kepala daerah petahana yang tidak serius menangani Covid-19 pada Pilkada Serentak 2020.

Hal itu, kata Tito, akan menjadi sanksi bagi kepala daerah yang tak bersungguh-sungguh menangani pandemi Covid-19.

Baca juga: Khofifah: Ada Sopir Ambulans Antar Jenazah Covid-19 dari Jatim ke Jakarta...

"Kalau yang lagi ikut pilkada (kepala daerah yang mencalonkan lagi), kalau tidak serius tidak usah pilih. Gitu saja," kata Tito usai peluncuran gerakan 26 juta masker di Pendopo Kabupaten Malang, Jumat (7/8/2020).

Tito akan menggelar konferensi video dengan seluruh kepala daerah pada Senin (10/8/2020).

Dalam konferensi video itu, dirinya akan membahas Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Baca juga: Terduga Pelaku Fetish Kain Jarik Ditangkap di Kapuas, Polisi: Sudah di Surabaya

"Salah satu instruksinya agar di daerah membuat peraturan daerah. Saya tahu di daerah ada yang sebagian sudah. Seperti di DKI, kemudian di Jawa Barat, di Jawa Timur. Ada berapa daerah yang sudah membuat peraturan itu," katanya.

Kementerian Dalam Negeri akan menerbitkan aturan menindaklanjuti inpres tersebut. Aturan itu bakal menjadi acuan untuk membuat peraturan derah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X