Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Meninggal Banjir Bandang Luwu Utara Bertambah 10 Orang

Kompas.com - 14/07/2020, 16:22 WIB
Amran Amir,
Khairina

Tim Redaksi

LUWU UTARA, KOMPAS.comBanjir bandang di Luwu Utara, Sulawesi Selatan yang terjadi sejak Senin (13/7/2020) malam menyebabkan ribuan rumah rusak dan tenggelam akibat lumpur bercampur pasir.

Hingga Selasa (14/7/2020) sore, jumlah korban meninggal dunia bertambah menjadi 10 orang.

Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani mengatakan, dari 10 orang yang meninggal dunia satu di antaranya seorang ASN.

“Dari 10 orang korban yang meninggal dunia saat ini rata rata orang dewasa, tidak ada anak-anak dan satu dari mereka seorang ASN,” kata Indah saat dikonfirmasi.

Baca juga: BMKG: Luwu Utara Masih Potensi Diguyur Hujan hingga 4 Hari Mendatang

Indah mengatakan, sejak kejadian banjir, Pemerintah Kabupaten Luwu Utara bersama BPBD, Basarnas, PMI, Tim Sar Brimob, TNI, dan polisi turun mengevakuasi warga dan mendata.

“Sejak kejadian tadi malam tim sudah turun mengevakuasi dan mendata korban hanya saja kami terkendala dengan jaringan komunikasi, sehingga koordinasi antar tim berjalan apa adanya, selain itu rubuhnya tiang listrik menyebabkan terjadinya pemadaman,” ujar Indah.

Baca juga: Setelah Diterjang Banjir Bandang, Akses Komunikasi Luwu Utara Terputus

Banjir yang terjadi di Luwu Utara akibat meluapnya tiga sungai yakni Sungai Rongkong di Sabbang, Sungai Meli di Radda, dan Sungai Masamba di Masamba.

“Ketiga sungai ini secara bersamaan debitnya naik sehingga meluap ke permukiman dan membawa material lumpur, pasir dan kayu. Material kayu yang terbawa air yaitu kayu sudah lapuk dan akar-akarnya sehingga bisa dikatakan bukan karena aktivitas penebangan pohon atau alih fungsi lahan tetapi karena curah hujan yang tinggi terjadi sejak beberapa minggu terakhir,” tutur Indah.

Hingga saat ini, kondisi cuaca di Luwu Utara masih hujan ringan sejak pagi hingga sore hari. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com