Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG: Luwu Utara Masih Potensi Diguyur Hujan hingga 4 Hari Mendatang

Kompas.com - 14/07/2020, 14:41 WIB
Hendra Cipto,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar memprediksi Kabupaten Luwu Utara masih diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat hingga empat hari ke depan.

Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar, Esti Kristantri mengatakan, intensitas hujan sedang hingga lebat masih berpotensi terjadi hingga besok, Rabu (14/7/2020).

“Masih ada potensi hujan intensitas sedang hingga lebat sampai dengan esok hari. Namun untuk tiga hari ke depan, intensitasnya sudah menurun,” kata Esti dalam keterangannya, Selasa (14/7/2020).

Baca juga: Setelah Diterjang Banjir Bandang, Akses Komunikasi Luwu Utara Terputus

Esti menjelaskan, hujan lebat di wilayah Luwu Utara dipengaruhi oleh suhu muka laut yang hangat di Teluk Bone.

Selain itu, juga terdapat daerah belokan angin (konvergensi) di wilayah Sulawesi Tengah yang memicu pertumbuhan awan konvektif (cumulonimbus) sehingga mengakibatkan terjadinya hujan lebat.

“Berdasarkan analisis citra satelit BMKG pertumbuhan awan konvektif terjadi di wilayah Sulawesi Tengah dan bergerak ke Luwu Timur dan Luwu Utara. Curah Hujan yang cukup tiggi terkonsentrasi di wilayah hulu Luwu Timur,” jelasnya.

Esti menambahkan, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang juga masih berpotensi terjadi di Luwu Timur, Luwu Utara, dan dapat meluas ke wilayah Kota Palopo.

Baca juga: Lima Orang Tewas akibat Banjir Bandang Masamba

Diketahui, banjir bandang akibat luapan sungai menerjang Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, pada Senin (13/7/2020) malam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com