Walkot Solo Bakal Lapor Semua Bantuan Covid-19 ke KPK: Tak Ada Satu Sen Pun Tercecer

Kompas.com - 19/06/2020, 16:44 WIB
Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo. KOMPAS.com/LABIB ZAMANIWali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo.

SOLO, KOMPAS.com - Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo menyatakan akan melaporkan semua sumbangan bantuan penanganan Covid-19 yang diterima dari berbagai instansi kepada Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK).

Selama ini, bantuan yang diterima oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Solo selalu disertai dengan tanda terima dan didokumentasikan dengan baik.

" Bantuan Covid-19 ini kan tetap harus dilaporkan ke KPK. Sehingga tidak ada satu sen pun yang tercecer," kata Rudy ditemui di Solo, Jawa Tengah, Jumat (19/6/2020).

Baca juga: KPK Temukan Masalah Kartu Prakerja, Istana: Tanya Menko Perekonomian

Menurutnya, semua bantuan Covid-19, baik yang terima dalam bentuk uang tunai, barang, alat kesehatan hingga sembako tersebut akan diaudit oleh Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI.

"Sekecil apa pun dilaporkan. Dan, saya lebih baik nombok kalau untuk Covid-19. Seperti kemarin saya televisinya butuh empat, dapat bantuannya dua kurang dua saya belikan sendiri," ungkapnya.

Bantuan-bantuan tersebut tidak hanya diserahkan kepada masyarakat secara umum.

Namun, juga diserahkan kepada tenaga kesehatan di seluruh rumah sakit maupun Puskesmas di Solo.

Baca juga: Novel Baswedan Sebut Ada 10 Kasus Penyerangan terhadap Penyidik KPK yang Belum Terungkap

Pelaporan bantuan penanganan Covid-19 ke KPK tersebut merupakan bentuk transparansi terhadap publik sekaligus sebagai upaya pencegahan korupsi.

"Jumlahnya (bantuan) banyak. Untuk kesehatan sendiri, untuk rakyat sendiri, itu ada. Termasuk bantuan presiden (Banpres) pun saya bukukan juga. Dan kita beri softcopy-nya juga kita laporkan ke sana (KPK)," kata Rudy.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X