Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Solo Putuskan Belajar Tatap Muka di Sekolah Mulai Desember 2020

Kompas.com - 18/06/2020, 12:31 WIB
Labib Zamani,
Khairina

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah memutuskan bahwa kegiatan belajar dan mengajar (KBM) dengan tatap muka dilaksanakan pada Desember 2020.

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengatakan, pertimbangan sekolah tatap muka dilaksanakan Desember 2020 supaya anak-anak tidak terpapar virus corona atau Covid-19.

"Sekolah tatap muka kita mulai Desember 2020. Biar semuanya aman," kata Rudy di Solo, Jawa Tengah, Kamis (18/6/2020).

Baca juga: Selama 12 Hari Tak Ada Penambahan Kasus Positif Covid-19 di Solo, Rudy: Jangan Tambah

Rudy menambahkan akan membuat inovasi supaya anak-anak tidak merasa bosan selama belajar di rumah. Inovasi tersebut berupa pengaktifan kembali radio anak Surakarta (Konata).

"Anak-anak bisa mengakses ke radio anak ini lewat telpon bebas pulsa. Itu yang kami harapkan. Mereka bisa me-request lagu anak, daerah dan mungkin Bapak/Ibu guru bisa memberikan pembelajaran melalui itu," terangnya.

Selama belajar di rumah, pihaknya juga melarang orangtua mengajak anak-anaknya pergi ke mal atau tempat keramaian. Menurutnya anak-anak rentan tehadap penularan Covid-19.

"Kalau anak-anak diperbolehkan ke sana (mal) tidak belajar di rumah, namun nongkrongnya di mal," terang dia.

Baca juga: Cerita di Balik Masker Bergambar Kumis Mirip Pak Rudy, Wali Kota Solo

Adapun larangan orangtua mengajak anaknya pergi ke mal atau pusat keramaian tersebut sesuai dengan Perwali No 10 Tahun 2020 tentang Petunjuk Penanganan Covid-19.

Pasal 7 dalam Perwali itu menyebutkan bahwa setiap anak, ibu hamil, dan orang lanjut usia risiko tinggi dilarang memasuki pasar tradisional, toko modern, pusat perbelanjaan, tempat hiburan, tempat wisata, dan tempat bermain.

Jika melanggar ketentuan tesebut maka akan dikenai sanksi administrasi berupa teguran, teguran lisan, membuat pernyataan tidak akan mengilangi dan upaya paksa pemulangan ke rumah masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com