Cegah Corona, Ganjar Minta Masyarakat Halalbihalal Online Saat Lebaran

Kompas.com - 21/05/2020, 19:55 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di rumah dinasnya. KOMPAS.com/RISKA FARASONALIAGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di rumah dinasnya.

SEMARANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengimbau masyarakat untuk tidak silaturahmi ke luar daerah saat Hari Raya Idul Fitri 2020.

Masyarakat dianjurkan untuk tetap berada di rumah demi memutur rantai penyebaran Covid-19.

"Saya sarankan silaturahminya lewat digital saja. Yuk kita halalbihalal digital. Kemudian kita bisa tetap tinggal di rumah. Dan bisa saling menyapa melalui telepon genggam agar kita bisa menahan potensi persebaran Covid-19," jelas Ganjar kepada wartawan di Semarang, Kamis (21/5/2020).

Baca juga: Ganjar Minta Bupati dan Wali Kota di Jateng Ikut Aturan Shalat Idul Fitri di Rumah

Menurut Ganjar, jika masyarakat meningkatkan kedisiplinan dan mematuhi peraturan pemerintah terkait protokol kesehatan, maka diperkirakan wabah Covid-19 akan cepat selesai dalam kurun waktu dua bulan ke depan.

"Kalau kita bisa sabar semua disiplin saya kira waktu dua bulan secara sistematis pasti beres," ujarnya.

Baca juga: Ganjar Pranowo: Bantuan Pemerintah Tak Akan Cukup, Jangan Berharap Berlebihan

Sebaliknya, jika tak mematuhi aturan maka Indonesia tak akan terbebas dari Covid-19

"Teorinya sebenarnya 1x14 hari atau 1 bulan sebenarnya cukup tapi dengan ketidakdisiplinan ini akan bahaya. Ya pokoknya kerumunan punya potensi penyebaran. Prinsipnya itu saja sehingga kerumunan harus dihindarkan. Maka ada istilah social distancing itu untuk menjaga jarak agar mencegah tertular," tandasnya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X