Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1 Kru Positif Corona, KM Bukit Raya Batal Berlayar dan Semua ABK Isolasi Mandiri

Kompas.com - 20/04/2020, 11:36 WIB
Hadi Maulana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

TANJUNGPINANG, KOMPAS.com – Kepala Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tanjungpinang, Agus Jamaludin mengatakan, kapal KM Bukit Raya milik Pelni tidak akan melanjutkan perjalanannya ke seluruh pulau-pulau yang ada di Provinsi Kepualuan Riau (Kepri).

Hal ini dilakukan setelah salah satu dari kru KM Bukit Raya tersebut dinyatakan postif Covid-19.

"Kapal tidak melanjutkan pelayaran ke pulau Letung, Midai, Serasan dan Kijang Kepri dan selanjutnya kapal akan balik ke Tanjungpriok untuk melaksanakan porstay di sana dan karantina mandiri bagi kru yang lainnya,” kata Agus melalui telepon, Senin (20/4/2020).

Baca juga: Meski Ada Wabah Corona, Kegiatan Ekspor-Impor di Batam Berjalan Normal

Untuk kru yang positif, saat ini sudah mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Raja Ahmad Thabib (RAB) di Tanjungpinang.

Bahkan selain seorang kru yang sebelumnya didapati positif Covid-19, saat ini juga diketahui ada dua orang ABK lainnya yang juga dinyatakan reaktif setelah Dinkes Pontianak melakukan rapid test terhadap seluruh kru kapal. 

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni (Persero) Yahya Kuncoro yang mengatakan, setibanya kapal di Pelabuhan Pontianak, bersama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), pihaknya menyemprot kapal dengan disinfektan dan memeriksa kesehatan sekaligus melakukan rapid test bagi seluruh kru kapal.

"Dua orang kru yang positif telah dirawat di RSUD Sudarso, sedangkan 83 kru lainnya teridentifikasi sebagai orang dalam pemantauan (ODP) dan menjalani isolasi mandiri secara terpisah di atas kapal," kata Yahya melalui keteragan tertulis, Senin (20/4/2020).

Sesuai rencana, KM Bukit Raya akan melakukan karantina dan portstay di Pelabuhan Tanjung Priok.

Selama kapal menunggu di pelabuhan, sesuai dengan protokol pencegahan penyebaran Covid-19, seluruh kru kapal akan menjalani isolasi mandiri dengan dengan pengawasan yang ketat dengan tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Manajemen juga terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Perhubungan selaku regulator, terkait dengan penyesuaian trayek kapal untuk kondisi saat ini.

"Kami juga telah menginstruksikan kepada seluruh cabang dan petugas kapal untuk dapat standby bila sewaktu-waktu kapal dioperasikan karena kapal-kapal kami juga melayani muatan logistik," tambah Yahya.

Baca juga: 14 Kru KM Kelud di Batam Positif Terjangkit Corona

Sebagai informasi, KM Bukit Raya adalah salah satu kapal milik PT Pelni (Persero) dengan kapasitas 1000 pax.

Kapal tersebut melayani rute Tanjung Priok-Blinyu-Kijang-Letung-Tarempa-Natuna-Midai-Serasan-Pontianak-Surabaya-Pontianak-Serasan-Midai-Natuna dan kembali lagi Tarempa-Letung-Kijang-Blinyu dan Tanjung Priok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com