Bali Mulai Tes Mandiri Covid-19 Setelah Nyepi

Kompas.com - 24/03/2020, 21:08 WIB
Ilustrasi virus corona (COVID-19). KemenkesIlustrasi virus corona (COVID-19).

DENPASAR, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Bali siap melakukan tes virus corona atau covid-19 secara mandiri pada Kamis (26/3/2020) atau setelah Nyepi di RSUP Sanglah Denpasar.

Kepala Satgas covid-19 Bali Dewa Made Indra mengatakan, reagen telah datang dan hari ini sudah dilakukan uji coba oleh laboratorium RSUP Sanglah dan tim dari Fakulitas Kedokteran Universitas Udayana.

"Pihak laboratorium Sanglah dan fakultas kedokteran Universitas Udayana ingin memastikan bahwa mulai Kamis tanggal 26 Maret, laboratorium uji atau tes Covid-19 ini sudah bisa digunakan," kata Indra, Rabu (24/3/2020).

Baca juga: ASN Bali Terjangkit Virus Corona Setelah Pulang Dinas dari Jakarta

Dengan demikian, sampel swab para pasien terkait Covid-19 di Bali tak perlu dikirim ke Jakarta dan cukup dibawa ke RSUP Sanglah.

Sementara itu, terkait rapid test Bali masih menunggu kedatangan alatnya.

Direncanakan alat ini akan tiba pada Minggu (28/3/2020) mendatang.

Terkait rapid test, Indra mengatakan, tak semua warga bisa menjalani tes ini.

Pihak yang diprioritaskan adalah para pekerja migran Indonesia (PMI) asal Bali yang baru tiba di Bali, terutama yang dikarantina.

Baca juga: Pasien Positif Covid-19 di Bali Seorang ASN di Lingkungan Pemprov Bali

Kemudian, orang dalam pemantauan yang sempat kontak dekat dengan pasien positif Covid-19 dan para tenaga medis dan staf yang menangani kasus virus corona di Bali.

Menurut Indra, para tenaga medis menjalani tes untuk menyakinkan apakah terinfeksi atau tidak.

"Sehingga dengan demikian mereka dapat dengan tenang melaksanakan tugasnya," kata dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X