Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imbas Corona, Forrest Galante Hentikan Penyelamatan Buaya Berkalung Ban

Kompas.com - 16/03/2020, 23:09 WIB
Erna Dwi Lidiawati,
Dony Aprian

Tim Redaksi

PALU, KOMPAS.com - Upaya Forrest Galante menuntaskan misi melepaskan ban di leher seekor buaya di Kota Palu, Sulawesi Tengah, akhirnya dihentikan.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam ( BKSDA) Sulawesi Tengah Hasmuni Hasmar mengatakan, dihentikan upaya penyelamatan karena adanya pandemi virus corona.

"Kalau situasinya sudah membaik,Forrest nanti akan kembali lagi melanjutkan misi ini," kata Hasmuni Hasmar, Senin (16/3/2020)).

Baca juga: Kantongi Izin, Forrest Galante Segera Terjun ke Sungai Palu untuk Tangkap Buaya Berkalung Ban

Selanjutnya, Forrest Galante dalam konferensi pers yang di gelar di kantor BKSDA mengatakan, pihaknya senang bisa bekerja sama dengan tim Satgas penangan satwa Luar.

"Karena pandemi virus korona, saya harus kembali ke USA. Usai wabah ini,  1 hingga 2 minggu mendatang saya akan kembali ke Palu," kata Forrest.

Baca juga: Giliran Forrest Galante Unjuk Gigi Tangkap Buaya Berkalung Ban di Palu

Diberitakan sebelumnya, Forrest Galante, pembawa acara televisi Extinct or Alive on Animal Planet, akhirnya mendapat restu dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tengah untuk menyelamatkan buaya berkalung ban di Sungai Palu.

Izin itu keluar Kamis (12/3/2020) kemarin.

"Saya sangat senang sekali karena mendapat izin dari BKSDA. Sebentar jam 1 siang saat air laut surut kita akan pasang perangkap," kata Forrest Galante, Jumat (13/3/2020).

Saat coba menangkap buaya yang tersangkut ban di lehernya, Forrest tidak hanya dibantu tim dari Discovery Channel. Ada seorang pakar buaya bernama Jamal (45) yang ikut dalam timnya.

"Dia (Jamal) nanti akan menemani kami melakukan upaya penyelamatan ini. Dan dia merupakan pria yang baik," ujar Forrest.

Selama beberapa hari di Palu, Forrest bersama timnya sudah memantau buaya itu dari Jembatan 2 Jalan Gusti Ngurah Rai dan Muara teluk Palu di Jalan Raja Moili.

Saat ini upaya persiapan, tengah dilakukan Forrest Galante dan tim.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com