Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Covid-19, Bandara Adi Soemarmo Awasi Khusus Penumpang dari 3 Negara

Kompas.com - 15/03/2020, 09:36 WIB
Labib Zamani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo, Jawa Tengah, mengawasi secara khusus kedatangan penumpang dari tiga negara untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19.

"Dari Kementerian Luar Negeri sudah mengeluarkan kebijakan bahwa ada tiga negara yang memang harus dipantau khusus, yaitu dari Iran, Korea Selatan, dan Italia," kata Airport Operation and Safety Senior Manager Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo, Guntoro, Minggu (15/3/2020).

Pengawasan khusus ini dilakukan dengan mewajibkan setiap penumpang yang masuk ke bandara memiliki sertifikat kesehatan dari institusi kesehatan setempat.

Baca juga: Solo KLB Corona, 193 Kelelawar di Pasar Depok Dimusnahkan

Sementara bagi penumpang domestik diberlakukan pemeriksaan suhu tubuh dengan menggunakan thermal scanner atau thermometer infrared. Tujuannya adalah untuk mengetahui kondisi suhu tubuh penumpang.

Dalam melakukan pemeriksaan ini, pihaknya memaksimalkan petugas yang ada dengan dibantu petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Semarang dan aviation security (Avsec) dan lainnya.

"Pada saat ditemukan pemindaian suhu tubuh yang ada potensi lebih dari 38 derajat celsius itu dilakukan protokol sesuai prosedur yang berlaku," ungkapnya.

Sampai saat ini, jelas dia, belum ditemukan penumpang yang suhu tubuhnya lebih dari 38 derajat celsius.

Guntoro menyampaikan, sejak mewabahnya virus corona, penumpang Bandara Adi Soemarmo mengalami penuruanan 47 persen.

Baca juga: Wali Kota Solo: KLB Jangan Dimaknai Negatif

 

Sebab, ada beberapa maskapai penerbangan internasional mengalami penundaan karena Covid-19.

"Penurunan saat ini mencapai 47 persen. Maskapai untuk internasional yang cancel ada Malaysia Airlines. Umrah cancel, beberapa penerbangan domestik sudah mengurangi penerbangan," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com