Bawaslu Optimistis Wabah Virus Corona Tak Ganggu Pelaksanaan Pilkada

Kompas.com - 14/03/2020, 23:55 WIB
Ketua Bawaslu RI Abhan bersama ketua Bawaslu Kabupaten Semarang M. Talkhis KOMPAS.com/DIAN ADE PERMANAKetua Bawaslu RI Abhan bersama ketua Bawaslu Kabupaten Semarang M. Talkhis

UNGARAN, KOMPAS.com - Merebaknya virus corona diharap tak mengganggu tahapan Pilkada 2020 yang serentak diselenggarakan di 270 daerah pada 23 September 2020.

Ketua Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) Republik Indonesia Abhan optimistis upaya dari pemerintah pusat dan daerah mampu mengatasi persoalan virus corona.

"Kami berdoa agar persoalan virus corona yang berasal dari Wuhan ini segera mereda dan tahapan Pilkada bisa berjalan lancar," ujarnya di kantor Bawaslu Kabupaten Semarang, Sabtu (14/3/2020).

Baca juga: RSUD Wonosari Gunungkidul Rawat Pasien ODP Usai Pulang Umrah

Bawaslu RI telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 6706/Bawaslu/SJ/KP.10.00/IIII/2020 tentang himbauan pencegahan penularan Covid-19 (Coronavirus Disease 2019) tanggal 12 Maret 2020.

Surat ini berisi imbauan yang harus ditaati agar pengawas pemilu terhindar dari penularan virus corona.

Dia meminta jajaran pengawas pemilu agar tidak panik dengan ancaman virus corona.

"Terpenting adalah selalu berikhtiar menjaga kesehatan masing-masing, mulai dari individu hingga di lingkungan masing-masing agar penularan wabah Corona ini tidak melebar," katanya.

Baca juga: Tiga Pasien RSUD Tidar Magelang dalam Pengawasan Covid-19

Dia enggan berandai-andai terhadap ancaman corona pada pelaksanaan Pilkada mendatang.

Meskipun, lanjut dia, saat kampanye pasti akan menghadirkan massa dalam jumlah banyak di satu tempat.

"Harus optimistis, berdoa dan ikhtiar semaksimal mungkin agar corona tidak lama dan tidak menyebar sampai masif," tutur dia.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X