Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dianggap Tangkal Corona, Harga Jahe dan Kunyit di Palopo Naik

Kompas.com - 09/03/2020, 15:00 WIB
Amran Amir,
Dony Aprian

Tim Redaksi

PALOPO, KOMPAS.com - Harga jahe dan kunyit di Pasar Andi Tadda, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Senin (9/3/2020) siang, mengalami kenaikan.

Kenaikan dipicu tingginya permintaan dianggap bisa menangkal virus corona

Arpan, salah satu pedagang mengatakan, pasokan Jahe Merah dan Jahe Putih semakin menipis, yang  membuat harga komoditi tersebut melambung tinggi.

“Harga jahe merah sejak bulan lalu dan pekan ini terus naik, kenaikan dari harga Rp 50.000 per kilogram menjadi Rp 60.000 per kilogram. Jahe putih naik dari harga Rp 40.000 per kilogram menjadi Rp 50.000 per kilogram,” kata Arpan saat ditemui di Pasar Andi Tadda.

Baca juga: Wabah Virus Corona, Harga Jahe Merah di Tasikmalaya Naik 400 Persen

Selain jahe merah dan putih yang naik, harga kunyit mengalami kenaikan yang semula Rp 8.000 per kilogram kini menjadi Rp 12.000 per kilogram.

“Setelah ada informasi bahwa Jahe dan Kunyit dapat menangkal penyakit akibat virus Corona, banyak yang datang memborong sehingga stoknya terus menipis,” ujar Arpan.

Dia menuturkan, jahe merah maupun jahe putih didatangkan dari Kabupaten Luwu dan Kabupaten Enrekang.

Baca juga: Ketika Pedagang Susu Jahe Kukuh Tak Naikkan Harga di Tengah Wabah Virus Corona...

Arwita, seorang pembeli mengatakan, hampir setiap hari mengonsumsi jahe merah untuk menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari penyakit.

“Apalagi saat ini ada virus corona yang gejalanya katanya mirif flu, jadi kami  minuman Jahe untuk menangkalnya seperti minum Sarabba,” tutur Arwita. 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com