[POPULER NUSANTARA] Kantor Bupati Waropen Dibakar Massa | Bali Izinkan Kapal Pesiar Viking Sun Bersandar

Kompas.com - 07/03/2020, 07:01 WIB
Massa membakar kantor Bupati Waropen, Papua, Jumat (6/3/2020) IstimewaMassa membakar kantor Bupati Waropen, Papua, Jumat (6/3/2020)

KOMPAS.com - Massa merusak dan membakar kantor Bupati Waropen dan kantor pemerintahan yang ada di sekitarnya, Jumat (6/3/2020) pagi.

Aksi itu dilakukan terkait penetapan status tersangka terhadap Bupati Waropen Yermias Bisai atas kasus gratifikasi oleh Kejaksaan Tinggi Papua.

Petugas kepolisian yang mencoba membubarkan massa sempat mengeluarkan tembakan peringatan ke udara untuk meredam massa yang tak terkendali.

Sementara itu, setelah sempat ditolak Pemkot Surabaya dan Semarang, Kapal Pesiar Sun yang mengangkut sekitar 848 mancanegara dan 460 kru akan tiba di Bali pada 8 Maret.

Alasan Pemkot Surabaya dan Semarang menolak kapapl tersebut sebagai bentuk antisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19.

Diketahui di kapal itu terdapat dua orang suspect virus corona.

Baca lima berita populer nusantara selengkapnya:

1. Kantor Bupati dibakar massa

Massa membakar kantor Bupati Waropen, Papua, Jumat (6/3/2020)Istimewa Massa membakar kantor Bupati Waropen, Papua, Jumat (6/3/2020)

Kapolres Waropen AKBP Suhadak mengatakan, pemicu aksi tersebut terkait dengan penetapan Bupati Waropen Yeremias Bisai sebagai tersangka kasus gratifikasi oleh Kejaksaan Tinggi Papua.

"Pemicu perusakan ini lantaran mereka tidak terima adanya penetapan status tersangka terhadap bupati atas kasus gratifikasi," katanya saat dihunungi melalui telepon, Jumat.

Saat membubarkan massa tersebut, katanya, pihaknya sempat mengeluarkan tembakan peringatan ke udara.

"Sempat kami redam aksi tersebut dengan beberapa kali tembakan peringatan dan saat ini situasi sudah kondusif. Kami juga lagi kumpulkan dan selanjutnya akan berikan pemahaman dan arahan," ujarnya.

Baca juga: Massa Bakar Kantor Bupati Waropen, Polisi Lepaskan Tembakan Peringatan

 

2. Bali izinkan kapal Pesiar Viking Sun bersandar

Petugas pelabuhan memasukkan logistik ke Kapal Pesiar Vikjng Sun di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Kamis. (ANTARA/ I.C.Senjaya)
Antara Petugas pelabuhan memasukkan logistik ke Kapal Pesiar Vikjng Sun di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Kamis. (ANTARA/ I.C.Senjaya)

Gubernur Bali I Wayan Koster mengatakan, tak akan menolak kapal tersebut bersandar dan menurunkan penumpangnya di Bali.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X