BKSDA Aceh Tangkap Harimau Pemangsa Hewan Ternak Warga

Kompas.com - 06/03/2020, 23:14 WIB
FOTO DOK BKSDA. Seekor harimau sumatera ditangkap oleh BKSDA karena   telah memangsa hewan ternak warga di Kota Subulussalam, Aceh. KOMPAS.COM/TEUKU UMARFOTO DOK BKSDA. Seekor harimau sumatera ditangkap oleh BKSDA karena telah memangsa hewan ternak warga di Kota Subulussalam, Aceh.

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh berhasil menangkap satu individu harimau sumatra di kawasan hutan Desa Singgersing, Kecamatan Sultan Daulat, Kota Subulussalam, Aceh.

Penangkapan harimau tersebut dilakukan dengan menggunakan kandang jebak.

"Kandang jebak itu telah dipasang oleh tim sejak 26 Febuari 2020. Tadi siang harimau itu berhasil masuk kandang jebak," Kata Agus Arianto, kepala BKSDA Aceh saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (6/2/2020).

Menurut Agus, individu harimau sumatra itu terpaksa ditangkap untuk diselamatkan karena belakangan ini kerap berkonflik dengan warga sekitar.

Baca juga: Harimau Sumatera Diduga Mangsa Sapi Warga, Kamera BBKSDA Hanya Temukan Babi Hutan

 

Bahkan, harimau tersebut dituding telah memangsa hewan ternak warga.

"Konflik antara manusia dan harimau telah terjadi sejak pertengahan bulan Februari 2020 sampai dengan Maret 2020, sehingga kami mengambilkan harimau itu harus ditranslokasi," katanya.

Agus menyebutkan, sebelumnya Balai KSDA Aceh bersama mitra dan Muspika Sultan Daulat juga telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi konflik harimau itu.

Di antaranya melakukan patroli, pemasangan camera trap di lokasi konflik, serta sekaligus mendatangkan pawang harimau ke Subulussalam.

"Berdasarkan pengecekan camera trap terdeteksi ada tiga harimau di lokasi itu. Satu induk dan dua lainnya dewasa, satu di antanya cidera pada bagian kaki depan akibat diduga terkena jerat," katanya.

Selamatkan harimau

Harimau yang kakinya mengalami cidera akibat perangkap itu, sebut Agus, cenderung mencari mangsa yang mudah diburu, terutama ternak warga.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X