Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Buruh Kopra Asal Lebak Wakili Indonesia Pada Kompetisi Sains di AS

Kompas.com - 06/03/2020, 07:22 WIB
Acep Nazmudin,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

LEBAK, KOMPAS.com - Putri Uswatun Hasanah, anak seorang buruh kopra dari Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, bakal mewakili Indonesia di ajang International Science and Engineering Fair (ISEF) 2020 di Annaheim, California, Amerika Serikat.

Putri yang merupakan siswi kelas 2 SMAN 1 Malingping, terpilih untuk berlaga di kompetisi sains yang telah digelar sejak 1950 tersebut, lantaran, menjadi juara pertama Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) yang diselenggarakan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Putri akan berangkat ke Amerika Serikat tidak sendiri, tapi bersama rekan kelompoknya, Widya Wardiatul Aini dan satu orang guru pembimbing.

Baca juga: 3 Anak Buruh Panjat Kelapa Putus Sekolah karena Tak Mampu Beli Seragam

Ditemui kompas.com, di SMAN 1 Malingping, Kamis (5/3/2020), Putri mengaku gembira mendapat kesempatan tersebut, apalagi ini adalah buah kerja kerasnya selama satu tahun terakhir untuk persiapan LKIR.

Pada lomba tingkat nasional tersebut, Putri dan Widya membawa karya pakan lele dumbo dari limbah sagu yang dimodifikasi sedemikian rupa. Karya tersebut berhasil menempatkan dirinya sebagai juara pertama dari puluhan peserta yang masuk tahap final.

"Alhamdulillah tidak pernah menyangka, kompetitor di final dari sekolah-sekolah terkenal di kota besar, sangat bersyukur kami yang dari daerah bisa juara pertama," kata Putri.

Baca juga: Kandang Budak, Tempat Penitipan Anak Buruh Sawit di Perbatasan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com