Cari Korban Longsor di Tasikmalaya, Tim Gabungan Terjunkan Anjing Pelacak K-9

Kompas.com - 04/03/2020, 12:32 WIB
Sam, lola, Lara dan Oro adalah empat ekor anjing dari unit K-9 SAR yang didatangkan dari Mabes Polri sejak Selasa (19/3/2019) pagi. KOMPAS.com/DHIAS SUWANDISam, lola, Lara dan Oro adalah empat ekor anjing dari unit K-9 SAR yang didatangkan dari Mabes Polri sejak Selasa (19/3/2019) pagi.

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Komandan Kodim 0612/ Tasikmalaya sekaligus Incident Commander Letnan Kolonel Infanteri Imam Wicaksana, menyebut tim gabungan telah mendatangkan Tim Anjing Pelacak K-9 Polda Jawa Barat untuk upaya pencarian korban tertimbun longsor di Desa Santanamekar Kecamatan Cisayong Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (4/3/2020).

Anjing pelacak ini diharapkan bisa membantu mengendus keberadaan korban yang sampai sekarang proses evakuasi di hari keenam belum juga ditemukan.

"Betul kang, ada tim K-9 Polda Jawa Barat di sini. Ini lagi pencarian kang," jelas Imam kepada Kompas.com lewat pesan whatsapp, Rabu pagi.

Imam menambahkan, proses pencarian melalui tim gabungan BPBD, Basarnas, Polri dan TNI Tasikmalaya terus dilakukan sampai hari ini.

Pihaknya pun telah menyiagakan alat berat tambahan untuk membantu upaya pencarian korban.

Baca juga: Polisi Terjunkan Anjing Pelacak K-9 Cari Pemulung yang Tertimbun Longsor Sampah

Cara manual

Selain alat berat dan anjing pelacak, puluhan tim gabungan pun menyisir seluruh bagian lokasi longsor dengan cara manual.

"Kami mengupayakan semaksimal mungkin untuk pencarian korban dengan anjing pelacak," pungkasnya.

Hal sama diutarakan Kepala Polres Tasikmalaya Kota AKBP Anom Karibianto.

Menurutnya, kedatangan tim anjing pelacak K-9 Polda Jawa Barat diharapkan dapat memudahkan upaya pencarian korban yang sampai sekarang diketahui masih tertimbun di material tanah longsoran.

"Ya, kita upayakan juga dengan anjing pelacak Polda Jawa Barat di sini. Mudah-mudahan bisa membantu memudahkan mencari keberadaan korban," pungkasnya.

Baca juga: Pencarian Korban Longsor di Tasikmalaya Terkendala Tingginya Tumpukan Tanah

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X