Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-perusakan, UIN Mataram Dijaga Polisi pada Malam Hari

Kompas.com - 03/03/2020, 08:16 WIB
Idham Khalid,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

MATARAM, KOMPAS.com - Aparat kepolisian membantu pengamanan Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram pascaperusakan yang dilakukan puluhan orang tak dikenal beberapa waktu lalu.

Polisi menjaga keamanan kampus pada malam hari.

"Penjaga keamanan malam di kampus oleh anggota Polresta Mataram, karena itu arahan dari Polda NTB dan Dansat Brimob," kata Kabid Humas UIN Mataram Suherman, Selasa (3/3/2020).

Baca juga: Pasca-perusakan UIN Mataram, Mahasiswa: Kuliah Lancar, tapi Khawatir Keamanan

Suherman menjelaskan, penjagaan pada siang hari tetap dilakukan satuan pengamanan (Satpam).

"Sebanyak 14 orang satpam dikerahkan mulai hari ini," kata Suherman.

UIN Mataram meminta para mahasiswa dan dosen di lingkungan kampus agar tak mudah terprovokasi dengan isu tak bertanggung jawab.

Para dosen dan mahasiswa juga diimbau tetap berkuliah seperti biasa.

"Untuk mahasiswa dan dosen serta proses lainnya tetap berjalan lancar, dan imbauan kami kepada mahasiswa agar tidak terprovokasi, tetap tenang," kata Suherman.

Sebelumnya diberitakan, puluhan orang tak dikenal merusak bangunan UIN Mataram pada Minggu (1/3/2020) dini hari. Aksi puluhan orang tak dikenal membuat jendela gedung rusak.

Sekitar 10 gedung rusak karena lemparan batu dan kayu. Bangunan yang rusak itu diantaranya gedung perkuliahan dan training centre.

Baca juga: Wabah Virus Corona Merebak, Stok Masker di Apotek Pangkal Pinang Ludes

Kerugian akibat insiden ini diduga mencapai Rp 1 miliar.

Selain perusakan, puluhan orang tak dikenal itu mengeroyok salah satu dosen UIN Mataram Fahrurozi. Dosen itu mengalami luka di bagian pelipisnya.

Polisi juga telah memeriksa sejumlah kamera pengawas atau CCTV di sekitar lokasi. Polisi mengimbau para pelaku perusakan menyerahkan diri.

"Kami mengimbau kepada warga sekiranya ini adalah perbuatannya silahkan menyerahkan diri ke kepolisian karena di dalam CCTV terlihat para pelakunya," kata Kabag Ops Polresta Mataram Kompol M Taufik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com