Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Kandidat Bersaing Rebut Kursi DPD I Golkar Malut

Kompas.com - 03/03/2020, 07:04 WIB
Yamin Abdul Hasan,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

TERNATE, KOMPAS.com - DPD I Partai Golkar Provinsi Maluku Utara akan menggelar Musyawarah Daerah (Musda) ke-X di Ternate pada Rabu (4/3/2020).

Ketua Panitia Musda, Arifin Djafar mengatakan, sebanyak dua bakal calon telah mengembalikan formulir pendaftaran ketua DPD I Golkar Maluku Utara.

Dua kandidat itu yakni, Ketua DPD I Partai Golkar Maluku Utara periode 2016-2020 Alien Mus dan Wasekjen bidang PP wilayah Maluku-Maluku Utara Edi Langkara.

Baca juga: Dampak Corona, Anies: Stok Kebutuhan di Jakarta Cukup, Tak Perlu Belanja Berlebihan

Alien Mus kini menjabat sebagai anggota DPR RI Fraksi Golkar dan Edi Langkara merupakan Bupati Halmahera Tengah.

“Sampai dengan hari ini pengambilan formulir dua orang, yaitu Edi Langkara dan Alien Mus. Dan masing-masing sudah kembalikan formulir serta berkas pendaftaran berarti kita bisa pastikan yang bertanding dua itu saja karena calon yang lain sudah tidak ada,” kata Arifin di kantor Golkar Malut, Senin (02/03/2020).

Setelah penjaringan, para kandidat harus melewati tahap verifikasi yang dilaksanakan sebelum 4 Maret.

Pada tahap verifikasi, para bakal calon harus memenuhi beberapa syarat sebagai calon ketua, salah satunya dukungn 30 persen pemilik hak suara.

Pemegang hak suara yang dimaksud adalah pengurus DPP Partai Golkar, DPD I Partai Golkar, ketua dewan penasihat atau pertimbangan Partai Golkar, DPD II Partai Golkar di Maluku Utara, organisasi sayap, dan organisasi kemasyarakatan.

Arifin menambahkan, ada tiga agenda inti yang bakal dibahas dalam hari pertama penyelenggaraan Musda X DPD I Golkar Maluku Utara.

Baca juga: 4 Fakta Kompleks Pertokoan di Jember Ambruk, Diduga Fondasi Terkikis Aliran Sungai hingga Pemkab Dianggap Lalai

Di antaranya, penyampaian laporan pertanggunjawaban ketua DPD I Partai Golkar Maluku Utara periode 2016-2020, pemilihan ketua DPD I Partai Golkar Maluku Utara 2020-2025, penyampaian pandangan umum pemilik hak suara.

“Dari hasil konfirmasi, dari DPP yang hadir nanti enam orang termasuk Wakil Ketua Umum Partai Golkar Azis Syamsuddin,” kata Arifin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com