Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2.861 KK di Cilacap Terdampak Banjir, BPBD Siapkan 8 Titik Pengungsian

Kompas.com - 28/02/2020, 15:01 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Khairina

Tim Redaksi

CILACAP, KOMPAS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyiapkan sebanyak delapan titik pengungsian untuk menampung warga yang terdampak banjir di Kecamatan Sidareja, Gandrungmangu, dan Kedungreja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Kepala Unit Pengelola Teknis (UPT) BPBD Sidareja Agus Sudaryanto mengatakan, delapan titik pengungsian yang disiapkan yaitu di musala koramil, aula koramil, balai desa, aula Kantor Penyuluh KB, pendopo kecamatan, panti jompo, gudang Toko Slamet dan SMP IT.

"Kami sudah siapkan delapan titik pengungsian, tapi sementara yang digunakan baru aula Koramil Sidareja," kata Agus saat ditemui di Kantor UPT BPBD Sidareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (28/2/2020).

Baca juga: 2.861 KK di Cilacap Terdampak Banjir, 4 KK Mengungsi di Koramil

Agus mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) terkait dengan kebutuhan logistik bagi para korban banjir.

Pihaknya juga menyiapkan lima perahu dari BPBD dan relawan untuk mengevakuasi warga terdampak banjir.

Menurut Agus wilayah Kecamatan Sidareja dan sekitarnya secara geografis berada di dataran rendah. Selain itu, sejumlah aliran sungai di wilayah tersebut juga mengalami pendangkalan.

"Memang di sini daerah rendah, pengaruh hukan di wilayah atas seperti Kecamatan Cipari dan Wanareja. Selain itu terdapat sungai yang tidak memiliki tanggul dan klep," ujar Agus.

Baca juga: Tak Ada Jembatan, Warga Nekat Gotong Peti Jenazah Seberangi Sungai yang Banjir

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 2.861 kepala keluarga (KK) terdampak banjir yang melanda sejumlah desa di Kecamatan Sidareja, Gandrungmangu, Kedungreja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (27/2/2020) malam.

Berdasarkan data UPT BPBD Sidareja, warga yang terdampak ping banyak berada di Kecamatan Sidareja. Sebanyak 2.561 KK di enam desa terdampak banjir.

Sedangkan di Kecamatan Kedungreja dan Kecamatan Gandrungmangu masing-masing 150 KK terdampak. Ketinggian banjir bervariasi antara 20 sentimeter hingga 80 sentimeter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com