Dinsos Balikpapan Bakal Urus 6 Bocah Yatim Piatu yang Ditinggal Meninggal Orangtuanya Bersamaan

Kompas.com - 26/02/2020, 15:42 WIB
Mustafa dan Wa Ode bersama 6 cucunya - Kronologi kisah pilu enam bocah yang harus jadi yatim piatu dalam sehari, ayahnya meninggal dunia saat jenazah sang istri masih dimandikan. (Tribun Kaltim/Zainul) Mustafa dan Wa Ode bersama 6 cucunya - Kronologi kisah pilu enam bocah yang harus jadi yatim piatu dalam sehari, ayahnya meninggal dunia saat jenazah sang istri masih dimandikan. (Tribun Kaltim/Zainul)

SAMARINDA, KOMPAS.com - Dinas Sosial Kota Balikpapan siap memfasilitasi jaminan kesehatan hingga penyediaan panti bagi enam bocah yatim piatu yang ditinggalkan kedua orangtuanya karena meninggal dunia, Minggu (23/2/2020) lalu.

Kepala Dinas Sosial Balikpapan Purnomo mengatakan, sudah mendatangi rumah nenek Waode Rusdiana (53) dan kakek Mustofa (53) yang menampung enam anak yatim piatu di RT 20 Kelurahan Sepinggan Raya, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (26/2/2020).

"Kita sudah tangani. Teman-teman kita dari Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) di lapangan juga sudah bergerak," kata Purnomo saat dihubungi Kompas.com, Rabu (26/2/2020).

Baca juga: Viral Kisah Pilu 6 Bocah Yatim Piatu, Ayah dan Ibu Meninggal Hampir Bersamaan

Purnomo menuturkan sudah mengidentifikasi setelah kunjungan ke rumah nenek para bocah yatim piatu.

Dari enam anak, ada empat yang belum memiliki akte kelahiran dan belum terdaftar dalam kartu keluarga orangtua.

Sementara dua anak lainnya sudah masuk kartu keluarga orangtua.

Kemudian, ada empat anak belum memiliki BPJS karena belum terdaftar nomor induk kependudukan (NIK). Sedangkan dua anak sudah memiliki BPJS.

"Bagi yang belum kita segera uruskan BPJS PBI," kata Purnomo.

Baca juga: Kisah Suami Meninggal Saat Jenazah Istrinya Dimandikan, Tinggalkan 6 Bocah Yatim Piatu

Selain itu, Dinas Sosial juga menyiapkan panti asuhan anak bagi enam anak yatim piatu ini, tapi belum diperbolehkan oleh neneknya.

"Mereka masih enggak mau cucunya masuk panti," jelas Pramono.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X