Wagub Kaltim Dukung Satu Calon dalam Pilkada Samarinda 2020, Bawaslu Sebut Tak Etis

Kompas.com - 21/02/2020, 23:06 WIB
Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi saat ditemui diruang kerjanya Kantor Gubernur Kaltim, Samarinda, Senin (29/4/2019). KOMPAS.com/ZAKARIAS DEMON DATONWakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi saat ditemui diruang kerjanya Kantor Gubernur Kaltim, Samarinda, Senin (29/4/2019).

SAMARINDA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Kalimantan Timur ( Kaltim) Hadi Mulyadi, yang juga Ketua DPD Partai Gelora Kaltim, menyatakan dukungannya ke bakal pasangan calon independen Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda, Zairin Zain dan Sarwono.

Hadi sebagai ketua partai, mengatakan akan selalu mendukung jika ada kadernya yang maju dalam Pilkada serentak 2020.

Sarwono adalah kader Gelora yang memilih maju sebagai wakil wali kota dalam Pilkada Samarinda menggandeng mantan Kepala Bappeda Kaltim, Zairin Zain, sebagai wali kota.

Baca juga: Polda Lampung Selidiki Jual Beli Data Kependudukan Palsu Jelang Pilkada 2020

Keduanya sudah menyerahkan berkas syarat dukungan ke KPU Samarinda, Kamis (20/2/2020).

"Wajar dong. Kalau ada kader saya yang maju saya harus dukung," ungkap Hadi saat ditemui awak media usai acara konsultasi publik program percepatan agraria di Hotel Selyca Samarinda, Kamis.

Hadi mengatakan saat terpilih sebagai anggota DPR RI pada Pileg 2014, memperoleh 127.000 suara. Dari jumlah suara tersebut, kata Hadi, sekitar 30.000 suara didapat dari warga Samarinda.

"Saya minta suara yang 30.000 dulu, supaya dukung (Zairin-Sarwono)," kata Hadi.

Baca juga: Pilkada 2020 Tingkat Kabupaten/Kota, 160 Paslon Berpotensi Maju Jalur Independen

Terpisah, Ketua Bawaslu Kaltim Muhammad Saipul mengatakan, dukungan tersebut sebenarnya tidak etis disampaikan ke publik.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X