Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang PON Papua, Kapolda Klaim Direstui Kapolri Perkuat Pengamanan

Kompas.com - 21/02/2020, 14:58 WIB
Dheri Agriesta

Editor

Sumber Antara

MIMIKA, KOMPAS.com - Mabes Polri siap mengirimkan tambahan personel untuk pengamanan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang berlangsung pada 20 Oktober hingga 2 November 2020.

Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw mengatakan, Kapolri Jenderal Idham Azis telah memberikan lampu hijau jika Polda Papua ingin memperkuat pengamanan.

"Saat kunjungan kerja di Papua beberapa hari lalu Bapak Kapolri sudah menyatakan berapa pun anggota yang Kapolda Papua minta akan dipenuhi," kata Irjen Paulus di Timika seperti dilansir Antara, Jumat (21/2/2020).

Baca juga: Cari Senjata Korban Kecelakaan Helikopter MI-17, Polda Hubungi Bupati dan Tokoh Masyarakat

Polda Papua menyiapkan 4.500 personel untuk pengamanan PON XX Papua yang akan berlangsung di empat kota yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Timika, dan Merauke.

Jumlah itu sudah termasuk pasukan Brimob Nusantara yang diperbantukan dari wilayah lain.

Irjen Paulus menegaskan, penyelenggaraan PON XX Papua harus berjalan sukses.

Sebelumnya, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Raden Prabowo Argo Yuwono mengajak seluruh warga Papua membantu menjaga keamanan selama penyelenggaraan PON XX Papua.

Argo mengatakan, situasi keamanan Papua saat penyelenggaraan PON XX akan menjadi tolok ukur bagi seluruh piha, termasuk investor.

"Keamanan penyelenggaraan PON XX Papua menjadi modal penting bagi pemerintah daerah untuk adanya investasi bisa masuk ke Papua. Kalau ada investasi masuk ke Papua tentu akan berdampak pada upaya peningkatan kesejahteraan rakyat Papua," kata Argo di Timika beberapa hari lalu.

Sejumlah 8.635 personel gabungan TNI dan Polri disiagakan untuk pengamanan PON XX Papua.

Baca juga: Pemerkosa Remaja Wanita di Makassar, Ternyata Juga Pencuri Sepeda Motor

Mabes Polri, kata Brigjen Argo, akan mengevaluasi kembali jumlah personel pengamanan yang terlibat dalam kegiatan pengamanan PON XX Papua.

Personel gabungan itu tak cuma menjaga arena penyelenggaraan PON, tapi juga mengawal kontingen dan atlet. Personel gabungan juga akan menjaga penginapan para atlet.

Personel pengamanan juga akan ditempatkan pada pusat-pusat perbelanjaan yang akan didatangi para atlet, official maupun suporter dari masing-masing daerah dan tempat-tempat strategis lainnya seperti lokasi wisata dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com