Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antrean Haji di Wajo, Sulsel, Sudah Sampai 40 Tahun

Kompas.com - 19/02/2020, 18:41 WIB
Teuku Muhammad Valdy Arief

Editor

Sumber Antara

WAJO, KOMPAS.com- Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sulawesi Selatan mengungkapkan daftar tunggu untuk calon jemaah haji di Kabupaten Wajo sudah mencapai 40 tahun.

Artinya, warga Wajo yang mendaftar untuk menunaikan ibadah haji pada tahun ini, 2020, kemungkinan baru akan berangkat ke Arab Saudi pada 2060.

"Untuk daftar tunggu (waiting list) di Kabupaten Wajo itu 40 tahun. Animo warga untuk berhaji tiap tahunnya terus meningkat," ujar Kakanwil Kemenag Sulsel Anwar Abubakar di Makassar, Rabu (19/2/2020).

Baca juga: Soal Tambahan Kuota Haji, Menag: Dari Body Language Sepertinya Diizinkan

Anwar mengatakan calon haji yang telah mendaftar sudah mencapai 15.300 orang.

Padahal, kuota haji untuk warga Wajo yang diberikan pemerintah hanya 400 orang setiap tahunnya.

"Kalau mengacu dari kuota pemberangkatan tahun kemarin yang hanya 400 orang lebih dengan membandingkan angka 15.300 orang lebih itu, tentunya baru akan rampung di tahun 2060 nanti," katanya.

Melihat fenomena panjangnya antren ini, Anwar mendukung program haji millenial atau haji muda, yaitu daftar haji sejak usia dini.

Baca juga: Diputuskan DPR, Biaya Haji 2020 Tidak Naik

Selain itu, dia juga mendorong wacana perubahan regulasi di Undang-undang Haji terkait pembatasan usia yang dibolehkan daftar haji dari yang saat ini 12 tahun, menjadi lebih muda atau bahkan dari balita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com