Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabar Gembira, Gajah Sumatera Bernama Ngatini Hamil 4 Bulan

Kompas.com - 23/01/2020, 21:42 WIB
Idon Tanjung,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Kabar menggembirakan bagi konservasi satwa gajah sumatera di Provinsi Riau. Seekor gajah betina bernama Ngatini kini sedang hamil.

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau melakukan pengecekan kehamilan gajah yang berada di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) di Desa Buluh Cina, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, Kamis (23/1/2020).

"Hasil pengecekan, gajah Ngatini positif hamil dengan perkiraan usia kehamilan empat bulan," sebut Suharyono dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Kamis.

Baca juga: Viral, Gajah Liar Masuk Kompleks SD Lalu Makan Sawit dan Bunga, Orangtua Siswa Panik

Dia mengatakan, gajah Ngatini saat ini berusia 20 tahun. Sebelumnya, Ngatini dibawa ke TWA Buluh Cina bersama seekor gajah jantan bernama Robin, yang berusia 22 tahun.

Sepasang gajah tersebut dibawa dari Pusat Latihan Gajah (PLG) di Minas, Kabupaten Siak pada bulan Maret 2017 silam. Keduanya dibawa ke kawasan TWA Buluh Cina untuk menarik wisatawan.

Kini, Ngatini telah hamil dan akan sangat dinantikan kelahiran anaknya.

Suharyono mengatakan, pengecekan kehamilan Ngatini dilakukan oleh drh Tika, tim medis satwa dari Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Dharmasraya (PRHSD) di Sumatera Barat (Sumbar).

"Pengecekan kehamilan gajah dengan menggunakan alat USG. Tapi belum diketahui jenis kelamin janin, karena saat pemeriksaan Ngatini terlihat kurang nyaman dan tidak tenang sehingga pemeriksaan rencananya akan dilanjutkan besok," sebut Suharyono yang juga ikut ke ke lokasi bersama Direktur Yayasan Arsari Djojohadikusumo, Ari Catrini.

Baca juga: Misteri Temuan Kerangka Gajah, Mati Dua Bulan Lalu hingga Dugaan Tersengat Arus Listrik

Namun, dia berharap Ngatini dan janinnya sehat sampai kelahirannya, sehingga dapat menambah jumlah populasi satwa gajah di Provinsi Riau. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com