Salin Artikel

Kabar Gembira, Gajah Sumatera Bernama Ngatini Hamil 4 Bulan

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau melakukan pengecekan kehamilan gajah yang berada di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) di Desa Buluh Cina, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, Kamis (23/1/2020).

"Hasil pengecekan, gajah Ngatini positif hamil dengan perkiraan usia kehamilan empat bulan," sebut Suharyono dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Kamis.

Dia mengatakan, gajah Ngatini saat ini berusia 20 tahun. Sebelumnya, Ngatini dibawa ke TWA Buluh Cina bersama seekor gajah jantan bernama Robin, yang berusia 22 tahun.

Sepasang gajah tersebut dibawa dari Pusat Latihan Gajah (PLG) di Minas, Kabupaten Siak pada bulan Maret 2017 silam. Keduanya dibawa ke kawasan TWA Buluh Cina untuk menarik wisatawan.

Kini, Ngatini telah hamil dan akan sangat dinantikan kelahiran anaknya.

Suharyono mengatakan, pengecekan kehamilan Ngatini dilakukan oleh drh Tika, tim medis satwa dari Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Dharmasraya (PRHSD) di Sumatera Barat (Sumbar).

"Pengecekan kehamilan gajah dengan menggunakan alat USG. Tapi belum diketahui jenis kelamin janin, karena saat pemeriksaan Ngatini terlihat kurang nyaman dan tidak tenang sehingga pemeriksaan rencananya akan dilanjutkan besok," sebut Suharyono yang juga ikut ke ke lokasi bersama Direktur Yayasan Arsari Djojohadikusumo, Ari Catrini.

Namun, dia berharap Ngatini dan janinnya sehat sampai kelahirannya, sehingga dapat menambah jumlah populasi satwa gajah di Provinsi Riau. 

https://regional.kompas.com/read/2020/01/23/21424241/kabar-gembira-gajah-sumatera-bernama-ngatini-hamil-4-bulan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke